-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Serumpun Malaysia dan 5 Spot Wisata Terbaiknya!

Tidak ada komentar

malaysia flag
Source : pngkey.com

Jika berbicara dengan negara serumpun Indonesia, tentu Malaysia akan selalu menjadi top list dalam hal ini karena memang secara kultur dan budaya antara Indonesia dan Malaysia tidak jauh berbeda. Secara konstitusional, Malaysia adalah Negara Monarki dan wilayahnya sendiri terbagi menjadi 2 wilayah negara, satu di pulau utama Malaysia di wilayah Barat dan satu lagi berada di wilayah timur tepatnya di pulau borneo Kalimantan. Secara astronomis, Malaysia menempati bagian selatan Semenanjung Malaya (atau Melayu/Malaka), yang juga ditempati Thailand. Di timur, wilayah Malaysia mencakup negara bagian Sabah dan Sarawak di pulau Kalimantan. Dua bagian negara Malaysia dipisahkan oleh Laut China Selatan sepanjang lebih dari 645 kilometer.

Profile Negara Malaysia

  • Nama Negara : Federation of Malaysia
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Federal
  • Kepala Negara : Yang di-Pertuan Agong ABDULLAH Sultan Ahmad Shah (sejak 24 Januari 2019)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Mahathir Mohamad (Sejak 10 Mei 2018)
  • Ibukota : Kuala Lumpur
  • Luas Wilayah : 329.847 km2
  • Jumlah Penduduk : 31.53 juta jiwa ( 2018)
  • Agama : Islam (61,3%), Buddha (19,8%), Kristen (9,2%), Hindu (6,3%) dan agama lainnya (3,4%)
  • Etnis : Bumiputera 61.7%, Tionghoa 20.8%, India 6.2%, etnis lainnya 0.9%, bukan warga negara 10.4% (2017)
  • Bahasa Resmi : Malaysia
  • Mata Uang : Ringgit Malaysia
  • Hari Nasional : 31 Agustus 1957 (dari Inggris)
  • Lagu Kebangsaan : “Negaraku”
  • PDB Per Kapita : US$ 11,373,23- (2018)
  • Kode Telepon : 60
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Tenggara)

Perekonomian Malaysia

Sepertihalnya Negara ASEAN lain, Malaysia merupakan negara agraris dan mendapatkan revenue cukupbesar dari sektor pertanian dan perkebunan, meskipn saat ini sektor industri dan jasa mulai menjadi penopang utama perekonomian negara. Komoditas utama Malaysia berupa padi, kelapa sawit, karet, kelapa, nanas, dan hasil hutan. Sedanggkan untuk hasil tambang Malaysia berupa timah, bijih besi, bauksit dan minyak bumi. Timah merupakan barang tambang yang paling banyak di hasilkan Malaysia. Saat ini Malaysia semakin bertransformasi menjadi Negara yang modern, hal ini dapat dilihat dari tata kelola beberapa kotanya yang semakin maju. Bahkan distrik Penang dikenal sebagai salah satu kota dengan kualitas paramedic terbaik di Asean.

Wisata Negara Malaysia

Malaysia menjadi salah satu Negara terpopuler untuk dikunjungi turis mancanegara selain Indonesia dan Thailand. Berikut, mimin kasih rekomendasi top 5 spot wisata terbaik di Malaysia, apa saja?

1. Kuala Lumpur

kuala lumpur
Source : flyfm.com.my

Pertama dan paling utama, wisatawan wajib berkunjung ke Ibukota Kuala Lumpur yang merupakan pusat kebudayaan negara Malaysia. Di Kuala Lumpur terdapat sebuah Menara Kembar Petronas atau Twin Tower yang sangat terkenal, menara ini memiliki ketinggian hingga 88 lantai dan arsitektur bangunanya pun sangatlah modern. Selain itu, beberapa tempat menarik yang dapat kalian jelajahi di Kuala Lumpur seperti Kuil Thean Hou,  Berjaya Times Square, Islamic Arts Museum Malaysia, Batu Caves, dan lain sebagainya.

2. Kota Melaka

kota melaka
Source : nativeindonesia.com

Berikutnya, daya tarik sejarah dari distrik Melaka sangatlah wajib dikunjungi bagi kalian yang hobi berwisata sejarah. Bahkan, pada tahun 2008 Melaka dinobatkan sebagai Kota Warisan Dunia (World Heritage) oleh Unesco. Beberapa diantara tempat wisata di Melaka  terdiri dari bangunan-bangunan bersejarah. Rekomendasi tempat wisata di Melaka seperti  Stadthuys, chrish church, Melaka River Cruise, Jonker Street, Melaka Staraits Mosque, dan masih banyak lagi.

3. Langkawi Island

langkawi island
Source : langkawi-info.com

Selanjutnya lagi, wisatawan dapat menikmati keindahan Langkawi island yang berlokasi di lepas pantai barat laut Malaysia, Laut Andaman. Pulau Langkawi memiliki berbagai resort wisata yang menarik seperti pantai, hutan hujan tropis, dan pegunungan yang indah.  Salah satu spot paling populer di pulau ini ialah menikmati panorama alam dari Langkawi Sky Bridge, yang membentang pada bagian atas hutan hujan.

4. Ipoh 

Ipoh
Source : pttoutdoor.com

Ipoh merupakan sebuah kota bekas kolonial Inggris dan saat ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Malaysia. Ipo juga dinobatkan sebagai salah satu kota terindah di Malaysia, hal ini dapat dilihat dari perpaduan gaya arsitektur kuno dan modern di sekitarnya. Di Ipoh kalian juga dapat menelusuri keindahan Goa Kapur atau menikmati wisata kulinernya yang lezat.

5. Kuching

kuching
Source : tvsarawak.com

Terakhir, bagi kalian yang berada di wilayah Malaysia di Pulau Borneo, berkunjung ke Kuching dapat menjadi alternatif destinasi wisata untuk kalian. Kuching yang berada tidak jauh dari tepi sungai Serawak ini pernah dinobatkan sebagai kota terbersih di Malaysia. Kota ini pun menyajikan berbagai resort wisata menarik bagi pengunjungnya, jajaran hutan hujan tropis yang indah serta berbagai tempat rekreasi lainya menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan wisata favorit di Malaysia. Disisi lain, wisatawan juga dapat berkunjung ke tempat-tempat bersejarah seperti Benteng Margherita dan Istana Astana.

         Nah, itulah info singkat mengenai profil Negara Malaysia dan beberapa potensi wisata yang wajib kalian kunjungi ketika berada disana. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com