-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Uni Emirat Arab dan Berbagai Potensi Wisata Terpopulernya! (Dubai)

Tidak ada komentar

uni emirat arab flag
Source : commons.wikimedia.org

Berbicara tentang Negara kawasan Asia Barat atau Timur Tengah, tentu tak lepas dari stigma Negara minyak nan kaya. Kali ini mimin akan bahas salah satu dari Negara terkaya di kawasan Asia yaitu Uni Emirat Arab yang beribukotakan Abu Dhabi. Selain itu, Negara ini dikenal dunia sebagai salah satu Negara tujuan wisata premium dengan pesona Dubai yang memukau. Awalnya negara ini merupakan jajahan dari kolonial Inggris sebelum akhirnya mendeklarasikan kemerdekaannya pada 2 Desember 1971. Uni Emirat Arab juga dikenal sebagai negara federasi dari tujuh emirat yaitu Abu Dhabi, Dubai, Ajman, Fujairah, Sharjah, Umm al-Qaiwain dan Ras al-Khaimah.

Profil Negara UEA

  • Nama Lengkap : Uni Emirat Arab (United Arab Emirates)
  • Bentuk Pemerintahan : Federal Monarki
  • Kepala Negara : Presiden KHALIFA bin Zayid Al-Nahyan (sejak 3 November 2004)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri MUHAMMAD BIN RASHID Al-Maktum (sejak 5 Januari 2006)
  • Ibukota : Abu Dhabi
  • Luas Wilayah : 83.600 km2
  • Jumlah Penduduk : 9,631 juta jiwa (2018)
  • Etnis : Etnis Emirati (11,6%) dan etnis Asia Selatan seperti India, Pakistan dan Bangladesh 59,4%
  • Bahasa Resmi : Bahasa Arab
  • Agama : Islam 76%, Kristen 9%, agama lainnya 15%
  • Mata Uang : Dirham UEA
  • Hari Kemerdekaan : 2 Desember 1971 (dari Inggris)
  • Lagu Kebangsaan : “Nashid al-watani al-imarati”
  • PDB Per Kapita : US$ 43.004,95,- (2017)
  • Kode Telepon : 971
  • Lokasi : Asia Barat (Timur Tengah) 

Perekonomian Uni Emirat Arab

Seperti diketahui Uni Emirat Arab merupakan salah satu negara terkaya di timur tengah dengan penghasilan utamanya ialah sektor perminyakan dan gas. Uni Emirat Arab adalah negara penghasil minyak terbesar ketiga di kawasan teluk setelah Arab Saudi dan Iran. Sejak tahun 1973, Negara ini telah mengalami perubahan yang sangat drastis dari negara kecil yang terletak di gurun menjadi negara modern dengan taraf kehidupan yang tinggi, tak jarang banyak artis atau pejabat dunia menghabiskan waktu liburan mereka di Negara kaya ini.

Wisata Uni Emirat Arab

UEA dikenal sebagai negara kaya timur tengah yang memiliki berbagai tempat wisata mewah dan menarik. Nah, berikut beberapa tempat wisata menarik yang ada di UEA.

1. Burj Khalifa

burj khalifa
Source : boonedam.com

Wisata andalan pertama di Uni Emirat Arab ini tentu Burj Khalifa, sebuah gedung pencakar langit yang fenomenal. Berada di pusat kota Dubai, Burj Khalifa merupakan salah satu bangunan pencakar langit tertinggi di dunia dan merupakan landmark utama kota Dubai itu sendiri. Tinggi Burj Khalifa diperkirakan mencapai 820 meter. Bangunan ini memiliki lebih dari 160 lantai dan kini telah menjadi hunian rumah berjumlah 300 buah dan sembilan hotel serta kantor.

2. Miracle Garden

miracle garden dubai
Source : pickyourtrail.com

Berikutnya, wisatawan dapat mengunjungi kawasan Miracle Garden yaitu sebuah taman bunga yang indah dan mempesona. Miracle Garden ini bertempat di kawasan Dubailand area, Al Barsha South 3 yang jauh dari pusat kota. Pujian pantas dialamatkan untuk pemerintah Uni Emirat Arab yang berhasil membuat lahan yang awalnya hanyalah berupa gurun pasir yang kuning menjadi suatu taman bunga yang indah.

3. Sheikh Zayed Grand Mosque

Sheikh Zayed Grand Mosque
Source : cnn.com

Selanjutnya lagi, kalian dapat berkunjung ke salah satu masjid besar terkenal di UEA yaitu Sheikh Zayed Grand Mosque yang terletak di Abu Dhabi. Masjid ini dibangun antara tahun 1996 hingga 2007 dan berdiri di area seluas 25 hektar serta memiliki kapasitas pengunjung lebih dari 30.000 orang. Selain itu wisatawan juga dapat berziarah ke makam presiden pertama UEA Sheikh Zayed Bin Sultan AI Nahyan  yang berada disekitar lokasi masjid ini.

4. Jumeira Beach

Jumeira Beach
Source : bayut.com

Uni Emirat Arab juga memiliki wisata pantai yang terkenal yaitu Jumeira yang membentang hingga 7 Km, pantai ini juga terbagi atas tujuh bagian Pantai dimana masing-masing pantai membentang panjang berkilo kilometer. Ada 2 Pantai yang saling menyatu di area ini masing-masing adalah Jumeirah Park dan Wild Wadi.

5. Dune Bashing

Dune Bashing
Source : viator.com

Terakhir wisatawan dapat menikmati sensasi off road di tengah gurun pasir luas, wisata yang satu ini bernama Dune Bashing yang merupakan salah satu wisata menguji adrenalin. Selama berada di tempat ini wisatawan dapat mencoba untuk mengendarai SUV beroda empat di Track berpasir. Dune Bashing sangat popular di Dubai dan telah menjadi salah satu atraksi wisata paling digemari oleh turis mancanegara.

      Nah, itulah profil singkat Negara Uni Emirat Arab dengan berbagai potensi wisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com