-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara India dan 5 Spot Wisata Terbaiknya!

Tidak ada komentar

India flag
Source : freepik.com

Selain dikenal dengan industry film Bollywood, India dikenal juga dikenal sebagai salah satu Negara dengan populasi penduduk terbanyak di dunia setelah China. India sendiri berada pada kawasan Benua Asia bagian Selatan dengan perkiraan luas area sekitar 3,28 juta km2. Secara Astronomis, India terletak diantara 8°LU – 37°LU dan 68°BT – 97°BT dan secara geografis berbatasan Nepal, Bhutan dan Tiongkok di sebelah Utaranya, sedangkan di sebelah selatannya adalah Samudera Hindia dan selat Palk yaitu selat yang memisahkan India dan Srilanka. Di sebelah Timur, India berbatasan dengan Myanmar, Bangladesh dan Teluk Benggala. Di sebelah Barat India adalah Laut Arab dan berbatasan dengan Pakistan. India memiliki beberapa sungai besar seperti Sungai Gangga, Sungai Brahmaputra, Sungai Yamuna, Sungai Godavari dan Sungai Krishna. Sedangkan dibagian utara dan timur laut India adalah pegunungan Himalaya. Di Hubungan luar negeri, India merupakan anggota PBB dan lembaga-lembaga di bawah PBB lainnya, BRICS, G-20, OECD, IORA dan Interpol.

Profil Negara India

  • Nama Lengkap : Republik India (Republic of India)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Federal Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Ram Nath Kovind (sejak 25 Juli 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Narendra Modi (sejak 26 Mei 2014)
  • Ibukota : New Delhi
  • Luas Wilayah : 3.287.263 km2
  • Jumlah Penduduk : 1,353 miliar jiwa (2018)
  • Agama : Hindu 79.8%, Muslim 14.2%, Kristen 2.3%, Sikh 1.7%, agama lainnya 2% (estimasi 2011)
  • Bahasa Resmi : Hindi
  • Mata Uang : Rupee India (INR)
  • Hari Kemerdekaan : 15 Agustus 1947 (dari Inggris)
  • Lagu Kebangsaan : “Jana-Gana-Mana” (Thou Art the Ruler of the Minds of All People)
  • PDB Pendapatan Per Kapita : US$ 2.009,98,- (2017)
  • Kode Telepon : 91
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Selatan) 

Perekonomian India

Di bidang Perekonomian, meskipun masih terbilang Negara berkembang namun laju pertumbuhan ekonomi Negara ini cukup stabil sebelum pandemi Covid 19 berlangsung. Tiga Sektor yang mengangkat pertumbuhan ekonomi India ialah sektor Agrikultur/Pertanian, Industri dan Layanan Jasa tentunya. Komoditas utama pertanian India adalah Padi, gandum, Teh, kentang, perikanan, Kambing, Sapi, tebu dan kapas. Sementara pada sektor industri menghasilkan produk-produk tekstil, kimia, pengolahan makanan, alat-alat transportasi, baja, minyak, farmasi, semen, pertambangan, mesin dan perangkat lunak. 

Wisata di India

Nah, untuk urusan destinasi wisata tentu India juga menawarkan berbagai destinasi populer bagi turis mancanegara. Berikut 5 atraksi wisata paling recommended di India versi Ninggalin Jejak.

1. Leh-Ladakh

Leh-Ladakh
Source : travelobiz.com

Wisata mengangumkan pertama di India ialah Leh-Ladakh yang berlokasi di wilayah timur negara bagian Jammu dan Kashmir. Berada di ketinggian sekitar 2,300 hingga 5,000 mdpl, Leh-Ladakh akan menawarkan pesona alam pegunungan yang mempesona bagi para pengunjunggnya. Perpaduan pesona alam berupa gunung-gunung batu dan kuil Buddha yang artistic menjadikan tempat wisata ini semakin populer di India. Meskipun berada di ketinggian, tentunya akses menuju Leh-Ladakh tergolong menantang, plus iklim yang lumayan mencekam ya jadi siapkan fisik kalian sebaik mungkin.

2. Taj Mahal

Taj mahal
Source : indianexpress.com

Nah, untuk spot yang satu ini pasti kalian sudah tak asing mendengarnya. Taj Mahal seolah-olah telah menjelma sebagai landmark Negara India dan kemahsyuranya sudah terkenal di seantero dunia. Dinamai Mumtaz Mahal karena diambil dari nama istri kesayangan dari Kaisar Shah Jahan, konstruksi Makam ini dimulai setelah kematiannya pada tahun 1631 dan mengambil 20.000 pekerja selama 22 tahun untuk menyelesaikan. Menggabungkan banyak elemen desain Islam termasuk lengkungan, menara, kubah berbentuk bawang merah dan hitam kaligrafi hias di sekitar pintu masuk. Taj Mahal dibangun dari marmer putih yang didekorasi dengan halus bertatahkan pola bunga dan batu-batu semi mulia seperti batu giok, lapis lazuli, berlian dan mutiara.

3. Jaipur

Jaipur
Source : viator.com

Berkunjung ke India pastikan kalian menyempatkan diri untuk menyambangi dan mengeksplor kawasan Jaipur. Ada banyak bangunan berasitektur menawan di kota ini termasuk salah satunya Amer Fort yang merupakan istana berbenteng yang dibangun pada tahun 1592 oleh Maharaja Man Singh. Diukir tinggi di sisi bukit, benteng ini diakses dengan berjalan kaki melalui pendakian yang curam atau naik antar-jemput dari kota. Pastikan kalian berkunjung dan mengabadikan momen di spot yang satu ini ya.

4. Kota Suci Varanasi

Kota Suci Varanasi
Source : travel.detik.com

Berikutnya lagi, wisatawan dapat berkunjung ke Kota Suci Varanasi yang merupakan pusat ziarah utama bagi umat Hindu dan telah dikaitkan dengan Sungai Gangga, salah satu simbol-simbol keagamaan paling penting di situ. Varanasi merupakan salah satu kota tertua di dunia dan masih di huni hingga saat ini, ketika berkunjung ke kota ini kalian akan menemukan candi Vishwanath Kashi yang telah dibangun sejak tahun 1780. Selain itu, terdapat Universitas Banaras Hindu yang didirikan pada tahun 1917 dan dicatat sebagai perpustakaan besar dengan lebih dari satu juta buku, dan museum Bharat Kala Bhavan luar biasa yang menampilkan koleksi lukisan, patung, manuskrip daun lontar, dan sejarah lokal pameran.

5. Kashmir

Kashmir
Source : blog.thomascook.in

Terakhir, pelancong dapat menemukan berbagai “hidden-paradise” di wilayah Kashmir yang berlokasi di bagian paling utara India. Beberapa destinasi wisata terindah di India yang berada di Kashmir antara lain: Srinagar, Gulmarg, Pahalgam, dan Jammu. Jammu kerap dikunjungi oleh peziarah, terutama Kuil Vaishno Devi yang tidak hanya bernilai spiritual tetapi juga terkenal karena panorama alamnya. Amarnath adalah lokasi wisata religi lainnya yang terkenal di kalangan orang India, yang menawarkan pemandangan Mount Kailash yang menakjubkan.

         Nah, itulah profil singkat Negara India dan berbagai potensi wisata terbaik yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com