-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Nepal dan 5 Spot Wisata Terbaiknya!

Tidak ada komentar

Nepal Flag
Source : apkpure.com

Nepal adalah sebuah negara kecil di kawasan pegunungan Himalaya. Negara Nepal pun akrab dengan julukan sebagai atapnya dunia karena topografi nya yang dikelilingi oleh beberapa pegunungan  tinggi di dunia seperti Mount Everest.  Nepal juga dikenal sebagai tanah kelahiranya Sidharta Budha Gautama tokoh paling penting dalam agama Budha dan Mayoritas penduduk Nepal beragama Hindu dan Buddha.

Profil Negara Nepal

  • Nama Lengkap : Republik Demokratik Federal Nepal (Federal Democratic Republic of Nepal)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Federal Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Bidhya Devi BHANDARI (since 29 Oktober 2015)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Sher Bahadur DEUBA
  • Ibukota : Kathmandu
  • Luas Wilayah : 147.516 km2
  • Jumlah Penduduk : 28 juta jiwa (2018)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Nepal
  • Etnis/Suku Bangsa : Chhettri 16.6%, Brahman-Hill 12.2%, Magar 7.1%, Tharu 6.6%, Tamang 5.8%, Newar 5%, Kami 4.8%, Muslim 4.4%, Yadav 4%, Rai 2.3%, Gurung 2%, Damai/Dholii 1.8%, Thakuri 1.6%, Limbu 1.5%, Sarki 1.4%, Teli 1.4%, Chamar/Harijan/Ram 1.3%, Koiri/Kushwaha 1.2%, etnis lainnya 19%
  • Agama  : Hindu 81.3%, Buddha 9%, Islam 4.4%, Kirant 3.1%, Kristen 1.4%, agama lainnya 0.5%, unspecified 0.2%
  • Mata Uang : Rupe Nepal (NPR)
  • Hari Nasional : 28 Mei 2008 (Hari Republik)
  • Lagu Kebangsaan : “Sayaun Thunga Phool Ka” (Hundreds of Flowers)
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 1.033,91,-
  • Kode Telepon : 977
  • Lokasi : Benua Asia (Asia Selatan)

Perekonomian Nepal

Perekonomian Nepal ditopang oleh sektor pertanian, mayoritas penduduk Nepal bermata pencarian sebagai petani. Komoditas utama Nepal sendiri meliputi padi, jagung, gandum, tebu, bahan minyak dan tembakau. Selain itu, potensi wisata yang dimiliki Negara ini juga menjadi pendongkrak devisa Negara karena banyaknya turis asing yang berkunjung. Menariknya negara ini memiliki setidaknya 45 bandar udara meski tidak semua bertaraf internasional.

Wisata Negara Nepal

            Berada di kawasan pegunungan Himalaya menjadikan Nepal sebagai Negara favorit wisatawan untuk menikmati panorama alam pegunungan terkhususnya bagi mereka yang akan uji nyali mendaki gunung Everest. Nah, lebih dari itu kali ini mimin kan kasih 5 rekomendasi spot wisata terbaik di Nepal.

1. Chitwan National Park

chitwan national park nepal
Source : andbeyond.com

Wisata pertama yang menarik di Nepal adalah taman nasional Chitwan yang merupakan taman nasional pertama di Nepal yang di dirikan pada tahun 1973 dengan luas lahan sekitar 932 km2. Tempat ini djuga di nobatkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1984. Taman Nasional Chitwan terletak di daerah subtropis batin Terai dataran rendah selatan tengah Nepal di Kabupaten Chitwan.  Ada berbagai aktivitas menarik yang dapat di lakukan wisatawan di taman nasional ini mulai dari menemui berbagai satwa khas atau sekedar menikmati segarnya alam.

2. Tilicho Lake

Tilicho Lake
Source : insidehimalayas.com

Selanjutnya pelancong dapat berkunjung ke Tilicho Lake yang berada di ketinggian 5.000 mdpl dan menjadikanya sebagai salah satu danau tertinggi di dunia. Danau ini terletak di kisaran Annapurna Himalaya di distrik Manang Nepal dan telah menjadi salah satu wisata populer di Nepal karena letaknya yang berada di lingkup pegunungan Everest. Selain Tilicho masih ada danau indah lainya seperti Gosaikunda Lake dan  Rara Lake yang dapat kalian kunjungi.

3. Mount Everest

Mount Everest
Source : bbc.com

Nah, wisata yang satu ini terbilang ekstrim dan paling mendunia di Nepal yaitu Gunung Everest. Gunung Everest merupakan gunung yang memiliki puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian mencapai 8.849 mdpl. Hal menarik yang dapat dilakukan di tempat ini seperti hiking dan camping, sungguh menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika bisa menginjakan kaki di puncak gunung tertinggi di dunia ini.

4. Kota Kathmandu

Kota Kathmandu
Source : hipwee.com

Berkunjung ke Nepal tak lengkap rasanya jika tidak menelusuri pusat Ibukota Kathmandu. Berbagai hal yang dapat wisatawan lakukan di kota ini seperti mengelilingi dan menelusuri kuil-kuil bersejarah Hindu dan Buddha yang telah ada sejak abad ke-17. Selain itu wisatawan juga apat berbaur dengan warga lokal Nepal yang unik dan ramah tentunya.

5. Upper Mustang

Upper Mustang
Source : adventurealternative.com

Terakhir, wisatawan dapat berkunjung ke kawasan Upper Mustang yang merupakan salah satu wisata budaya unik di Nepal, tempat ini banyak di kunjungi oleh wisatawan karena budaya masyarakatnya yang dianggap unik dan menarik untuk dipelajari. Upper Mustang merupakan salah satu tempat wisata tervaforit lainya di Nepal.

            Nah, itulah profil singkat Negara Nepal dan berbagai potensi wisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com