-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Review ASUS VivoBook 14 (A416) : Laptop Modern Multifungsi di 2021!

1 komentar

What's up 2021, here is Asus!

Asus
Source : channel.asus.com/

2021 comes up, pasang sabuk pengaman kalian dan mulailah merealisasikan resolusi 2021 dengan penuh semangat dan konsistensi. Tidak perlu terlarut lagi membahas tentang rentetan hal yang telah terjadi di 2020 silam, jadikan tahun lalu sebagai masa lalu dan wadah pembelajaran untuk kita, agar dapat memulai segala sesuatu dengan lebih optimis lagi di 2021. Tidak hanya diri setiap individu yang harus selalu optimis dan positif, berbagai brand kenamaan dunia pun sudah mulai kembali memperkokoh pondasi dan tancap gas untuk mengarungi tahun 2021 dan tahun-tahun yang penuh tantangan berikutya, salah satunya ASUS yang selalu berinovasi dan meningkatkan kualitas produk dan layanannya demi menjaga kepercayaan dan citra posifitif di kalangan konsumen.  Lebih lagi, ASUS telah menjadi pionir bagi industri teknologi dalam menciptakan produk dengan desain cerdas dan user friendly sehingga dapat dinikmati oleh semua pengguna dari berbagai kalangan usia. ASUS pun menghadirkan berbagai tipe pilihan laptop yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, bagi kalian yang tengah fokus membutuhkan laptop Gaming berspesifikasi canggih ASUS tersedia dalam tipe ROG, TUF, atau FX yang mana kehebatanya telah teruji. Nah, bagi kalian yang menggeluti dunia desain atau editing Asus tipe Zenbook dapat juga menjadi pilihan terbaik, terakhir untuk mengoptimalkan produktifitas pengguna dalam bekerja atau browsing ASUS juga menghadirkan seri VivoBook yang tak kalah hebat dari seri lainya. Secara keseluruhan, segala tipe Laptop ASUS tersebut sebenarnya dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan karena di dukung dengan spesifikasi yang mutakhir namun segala pilihan tetap berada di tangan pengguna mau menggunakan Laptop ASUS seri apa.

Download Panduan Produk ASUS KLIK DISINI!

Laptop ASUS yang tepat untuk WFH atau PJJ, apa?

“Ugh, WFH dengan laptop kentang benar-benar nyiksa batin”

“Astaga, sulit banget buat video pembelajaran kalo laptop bapuk gini”

VivoBook 14 (A416
Source : channel.asus.com/

Fenomena Work From Home (Bekerja dari Rumah) ataupun Pembelajaran Jarak Jauh bagi pelajar telah menjadi rutinitas baru sepanjang tahun 2020, pasca pandemi COVID- 19 hadir tanpa permisi di tengah-tengah masyarakat dunia. Berbagai metode non face-to-face tersebut tentu tidaklah mudah untuk dijalani jika tidak di dukung dengan berbagai persiapan yang matang, mulai dari konektivitas jaringan internet yang stabil serta kualifikasi perangkat atau laptop yang memenuhi standar. Jika, salah satu dari hal tersebut tidak dapat terpenuhi, bukan tidak mungkin berbagai miskonsepsi antar user akan terjadi. Untuk mensiasati hal tersebut, ASUS selalu hadir sebagai problem solver atas berbagai keluhan kalian akan kebutuhan Laptop berkualitas canggih dengan harga yang bersahabat tentunya.  Pada bulan Desember 2020 lalu, ASUS resmi meluncurkan seri VivoBook 14 (A416) yang dilengkapi dengan berbagai fitur modern dan mudah dioperasikan oleh berbagai kalangan. Nah, kehadiran ASUS VivoBook 14 (A416) dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kalian yang tengah menjalani Work From Home ataupun Pembelajaran Jarak Jauh. Dalam siaran pers nya Jimmy Lim selaku ASUS Regional Director Southeast Asia mengungkapkan,

“VivoBook 14 (A416) merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menghadirkan laptop berkualitas tinggi untuk semua kalangan. Didukung oleh berbagai teknologi serta fitur terkini, VivoBook 14 (A416) merupakan laptop yang selalu dapat diandalkan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun,” 

FYI, seri VivoBook 14 (A416) ini telah terintegrasi prosesor Intel Core generasi ke-10 ya dan memang diperuntukan untuk menunjang produktivitas sehari-hari para penggunanya. Secara singkat keunggulan spesifiknya meliputi :

  • Fast and Efficient : Respon lebih cepat dan efisien
  • Store more, do more : Kapasitas penyimpanan besar dan loading time cepat
  • Wider screen for better  view : Layar yang luas dan smooth
  • Stylish & lighter : Desain elegan dan ringan untuk dibawa kemanapun

Dalam membeli atau memilih Laptop ada baiknya kalian memperhatikan berbagai aspek penting seperti spesifikasi dan kualitasnya. Meskipun harus menyesuaikan dengan budget, namun ada baiknya kalian melakukan riset di internet mengenai Laptop apa yang memiliki kualitas mutakhir namun tetap dengan harga terjangkau. Menurut pendapat saya sendiri, ada beberapa aspek yang wajib kalian perhatikan sebelum memilih Laptop, seperti :

  1. Sesuaikan spesifikasi Laptop dengan kebutuhan penggunaan
  2. Cek Prosessor dan Storage nya
  3. Pastikan kualitas Batrai dan charger baik
  4. Bandingkan spesifikasi satu Laptop dengan yang lain, beserta harganya
  5. Cek secara detail berbagai hardware atau output dari Laptop, pastikan lengkap

Spesifikasi ASUS VivoBook 14 (A416) 

“Kak aku tertarik nih buat beli ASUS VivoBook 14 (A416), spesifikasinya bagaimana ya?”

        Good question, baik sekarang kita masuk ke rubrik review spesifikasi ya. Harap dibaca dan dipahami dengan baik, agar segala informasi yang saya berikan dapat tersalurkan tanpa adanya kesalah pahaman. Seperti yang disinggung pada intro sebelumnya, ASUS VivoBook 14 (A416) adalah laptop multifungsi yang memberikan kinerja bertenaga serta menyalurkan pengalaman visual yang imersif dan impresif, tentu ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas digital baik dalam mendukung pekerjaan yang berkaitan dengan multimedia ataupun bermain game semata.

1. Desain : Simpel, Elegan, Kekinian!

ASUS VivoBook 14 (A416)
Source : channel.asus.com/

ASUS VivoBook 14 (A416) menyuguhkan tampilan yang simple modern namun elegan untuk para penggunanya, dengan layar 14 inch, bobot 1,6 Kg, serta ketebalan 19.9mm tentu ini akan mudah dibawa dan digunakan dimanapun dan kapanpun. ASUS seri terbaru ini juga menawarkan fitur NanoEdge dan lapisan anti-glare yang akan memberikan kesan sudut pandang luas hingga  178°. Selain itu, Teknologi tampilan yang energik dari ASUS tipe VivoBook 14 (A416) ini memungkinkan bezel layar dapat tampil sangat tipis, sehingga laptop ini dapat memiliki screen-to-body ratio hingga 82%. 

2. Processor Terupdate dan Canggih


ASUS VivoBook 14 (A416)
Source : www.asus.com/
 

Untuk processor, ASUS VivoBook 14 (A416) ini telah didukung oleh prosesor Intel® Core ™ i5 generasi ke-10 dengan RAM hingga 8GB, grafis diskrit NVIDIA® MX330, serta pilihan desain penyimpanan ganda dengan SSD PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB yang akan memberikan kapasitas penyimpanan besar dengan kecepatan baca/tulis data yang efisien. 


List Tipe dan Harga ASUS VivoBook 14 (A416)  :

Tipe

Harga

Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 4GB / 1TB HDD

Rp. 4.799.000

Celeron N4020 / Intel UHD Graphics / 256GB PCIe SSD

Rp. 4.899.000

Windows 10 Home/Intel® Core ™ i3-1005G1/NVIDIA® GeForce® MX330/4GB/1TB HDD/FHD

Rp. 7,699,000

Windows 10 Home/Intel® Core ™ i3-1005G1/NVIDIA® GeForce® MX330/4GB/256G PCIe+HOUSING/FHD

Rp. 7,799,000

Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/NVIDIA® GeForce® MX330/4GB/1TB HDD/FHD

Rp. 8,599,000

Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/NVIDIA® GeForce® MX330/4GB/512GB PCIe/V-IPS FHD)

Rp. 10,399,000

Windows 10 Home/Intel® Core ™ i5-1035G1/NVIDIA® GeForce® MX330/8GB/1TB HDD+256GB PCIe/FHD

Rp. 10,799,000

Source : asus.com

3. Laptop Anti Lemot, Laptop Generasi Jaman Now!

ASUS VivoBook 14 (A416
Source : channel.asus.com/

Bukan ASUS namanya jika tidak menghadirkan produk teknologi yang bertenaga super canggih, fast responsive, dan user friendly. Dalam seri ASUS VivoBook 14 (A416) ini telah terintegrasi SSD PCIe® hingga 256GB sehingga memungkinkan laptop ini memiliki kecepatan respon aktivitas yang luar biasa baiknya. Kerenya lagi, dalam mode penyimpanannya, laptop ini ternyata mengandalkan dua jenis penyimpanan yaitu 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Jadi, dapat menyematkan SSD dan HDD ke dalam laptop ini. Dapat dibilang, ASUS VivoBook 14 (A416) ini bersifat multifungsi yaitu dapat diaplikasikan dalam berbagai aktivitas sekaligus baik untuk menjelajahi dunia maya, proses editing visual grafis, bahkan bermain game dengan tampilan grafis yang solid, maklum mengingat beberapa varian VivoBook 14 (A416) ini telah terintegrasi oleh chip grafis NVIDIA GeForce MX330 yang super canggih. Untuk tingkatan prosesor, Varian tertinggi laptop ini adalah Intel Core i5-1035G1 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread, serta boost clock hingga 3,6GHz. Gokil kali kan!

4. Keyboard & Fingerprint

ASUS VivoBook 14 (A416)
Source : www.asus.com/

Berbagai keunggulan lain dari seri ASUS VivoBook 14 (A416) ini memang tak bisa di anggap remeh, laptop ini dilengkapi oleh keyboard full-size yang kokoh dan dipadukan dengan backlit yang berguna sebagai sign ketika pengguna sedang mengoperasikan laptop pada kondisi ruangan minim cahaya. Setiap tombol keyboard-nya pun memiliki jarak sejauh 1,4mm sehingga sangat ideal untuk aktivitas mengetik. Keunggulan lain terletak pada fitur kunci atau kode pengaman laptop, jika umumnya laptop dibekali oleh kode pengaman berupa sandi tertentu ketika akan masuk ke mode Home Windows, nah beberapa seri VivoBook 14 (A416) ini telah dilengkapi sensor keamanan biometrik melalui fingerprint sensor, tentu hal ini lebih praktis dibanding harus mengetik sandi pada keyboard. 

5. Terintegrasi Original Software

Microsoft
Source : support.microsoft.com

Untuk mendukung kegiatan belajar jarak jauh atau bekerja dari rumah pun, tentu ASUS VivoBook 14 (A416) telah dibekali dengan satu VGA Web Camera yang mumpuni, ditambah lagi dengan ketersediaan software Microsoft Office Pre-Installed yang dapat langsung digunakan oleh para penggunanya.


6. Konektivitas Port yang Komplit

ASUS VivoBook 14 (A416)
Source : www.asus.com/

Tidak sampai disitu, keunggulan fitur lainya yang dimiliki oleh VivoBook 14 (A416) berupa tersedianya serangkaian fitur konektivitas mulai dari port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta combo audio jack. Sementara di sisi konektivitas nirkabel, VivoBook 14 (A416) dibekali dengan WiFi 5 (802.11ac) untuk terhubung dengan jaringan internet, serta Bluetooth 4.1 sehingga penggunanya dapat menghubungkan berbagai aksesori nirkabel seperti smartphone dan sebagainya. 

7. Experience Audio Berkualitas dengan SonicMaster

Audio Wizard
Source : www.asus.com/ID/support/FAQ

Untuk kualitas audio pun telah terintegrasi SonicMaster, Audio by ICEpower® dengan software Audio Wizard nya, Built-in speaker, Built-in microphone. VivoBook 14 (A416) memang dirangkai khusus sebagai laptop canggih generasi kekinian yang mengedepankan mobilitas untuk para penggunanya. 

8. Konstruksi Tangguh dan Kuat

ASUS VivoBook 14 (A416)
Source : www.asus.com/

Dari sisi ketangguhan atau daya tahan, ASUS VivoBook 14 (A416) memiliki konstruksi yang kuat seperti dibekali dengan chasis utama (Reinforced Chassis) dan rangka layar (Reinforced lid) yang terbuat dari material logam, fungsinya tentu memberikan kekuatan struktural, melindungi engsel, serta melindungi komponen internal. ASUS seri VivoBook 14 (A416) ini juga menghadirkan fasilitas E-A-R HDD Protection yang memungkinkan adanya perlindungan ekstra pada HDD. Perlindungan tersebut mampu meredam getaran yang dihasilkan saat perangkat terguncang atau terbentur, dan tentu ini akan menyelamatkan HDD yang ada di dalamnya.

9. Lebih Produktif dengan Aplikasi MyAsus!

Asus VivoBook 14 (A416)
Source : www.asus.com/

“Apakah Laptop ini bisa terkoneksi dengan Smartphone tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan lain di laptop?”

Jawabanya tentu saja bisa ya!. Hadirnya aplikasi MyASUS semakin melengkapi keunggulan VivoBook 14 (A416) di banding brand kompetitor lainya. Melalui MyASUS, pengguna VivoBook 14 (A416) dapat melakukan treking status laptopnya, melakukan troubleshooting, mengecek status garansi, memindai sistem laptop, dan berbagai aktivitas lainya. Menariknya lagi fitur MyASUS juga dapat diintegrasikan pada Smartphone pengguna tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan lain pada laptop. Fitur Link to MyASUS cukup multifungsi seperti dapat menampilkan berbagai notifikasi dari smartphone ke layar laptop, berbagi file secara instan, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop.

10. Garansi Global 2 Tahun!

Garansi
Source : www.asus.com/

Nah, menariknya dari produk ASUS ialah adanya garansi 2 tahun secara global yang di berikan oleh pihak asus kepada pelangganya. Tentu ini sebuah bentuk pertanggung jawaban dan langkah positif dari ASUS untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan. Untuk daftar lengkap cakupan garansi produk dan gerai resmi ASUS dapat di klik DISINI!

Rincian Spesifikasi ASUS VivoBook 14 (A416) :

Source : Olah Data Pribadi
  
Kalau dapat ASUS VivoBook 14 (A416), bisa buat apa aja ya?

Asus
Source : channel.asus.com/

Jadi, bagaimana? Masih ragu dengan kualitas serta keunggulan ASUS VivoBook 14 (A416). Penjelasan di atas di rasa sudah cukup kuat untuk mempertebal keyakinan kalian untuk memilih produk ASUS sebagai solusi dalam mengatasi problematika “Laptop Kentang, Laptop Lemot, ataupun Laptop Rapuh”. Saya pribadi jika memiliki ASUS VivoBook 14 (A416) ini tentu akan sangat bangga karena spesifikasi perangkat ini sangat mungkin untuk mendukung berbagai aktivitas saya, seperti :

#1. Nge-BLOG

Dengan kecepatan respon atau daya jelajah pada browser, tentu tak perlu di ragukan lagi bila ASUS VivoBook 14 (A416) dapat menunjang pekerjaan saya sebagai seorang Blogger atau penulis konten. Dengan begini saya tidak perlu mengeluhkan permasalahan “Kok laptop ku lelet banget responya”, jadi bisa riset data dengan fokus dan lokus deh.

#2. Nge-DESAIN

Disamping hobi menulis, saya juga gemar edit ini-itu baik editing grafis foto ataupun video. Tak jarang saya mendapatkan penghasilan tambahan sebagai freelancer desain grafis, meskipun hanya skala “ngedesainin kerjaan temen hehe”, laptop ringan namun spesifikasi jempolan adalah surga bagi para editor, dan hal ini dapat ditemukan pada laptop ASUS VivoBook 14 (A416).

#3. Nge-GAME

Woahh, kebutuhan akan hiburan virtual itu sangat penting loh!. Apalagi untuk kita yang setiap hari bergelut di depan layar laptop dan fokus dengan berbagai pekerjaan, terkadang rutinitas bekerja itu sangat membosankan. Disini peran penting ASUS VivoBook 14 (A416) diperlukan sebagai wadah hiburan, dengan spesifikasi canggih tentu waktu relax dapat dimanfaatkan user untuk bermain game di laptop guna me-recharge kembali energy yang terbuang. Tidak hanya mampu menjalankan game dengan storage standar loh, bahkan ASUS VivoBook 14 (A416) ini mampu menjalankan berbagai game dengan ruang penyimpanan yang besar seperti PES ataupun Dota mengingat grafis laptop ini ialah NVIDIA® MX330.

Tips Merawat Laptop Baru!

Namun perlu di ingat, di balik ketangguhan berbagai produk ASUS dan berbagai merk Laptop lainya, tentu tetap bergantung pada cara pengguna dalam merawat dan mengoperasikan perangkat. Sebagai penutup, ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk merawat Laptop agar awet dan selalu sehat, yaitu:

Tips merawat laptop
Sumber : olah data pribadi

Nah, sekian review dari saya mengenai ASUS VivoBook 14 (A416), semoga informasi ini dapat menambah wawasan dan keyakinan kalian untuk memilih produk-produk ASUS. Untuk info-info lebih lengkap mengenai berbagai produk unggulan asus lainya, kalian bisa langsung berkunjung ke website atau store resmi ASUS ya, jangan lupa untuk follow berbagai sosial media ASUS untuk informasi update lainya.

ASUS VivoBook 14 A416
ASUS VivoBook 14 A416 Blog Competition
#ASUSVivoBook14(A416)

mrioaldino

1 komentar

  1. Makasih banyak untuk sharing infonya yang bermanfaat.
    Jika boleh dong kunjungan baliknya ke web saya :D
    Cek web saya di Toko Komputer Online Terpercaya atau blog saya di Tips dan Trik Komputer





banner



Klook.com