-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

8 Langkah SEO Paling Ampuh untuk Meningkatkan Traffic Website dan Blog Kalian!

Tidak ada komentar

https://www.freepik.com/freepik
Source : freepik.com/freepik

          Jika sebelumnya blog ini membahas beberapa tips ampuh optimasi SEO pada konten blog pemula. Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan sebelumnya, bahkan tips yang akan diberikan kali ini satu tingkat lebih tinggi dari pembahasan sebelumnya. Berikut, 8 langkah SEO terampuh untuk meningkatkan Traffic Website dan Blog.

1. Daftarkan Website Pada Google Search Console

Langkah pertama yang dapat kalian coba untuk meningkatkan traffic website kalian ialah dengan mendaftarkanya ke Google Search Console. Platform ini sangat berguna untuk para blogger memonitor bagaimana kinerja website mereka di mesin pencarian google. Untuk cara mendaftarkan website kalian ke Google Search Console sebagai berikut :

  • Login ke Akun Google kalian
  • Buka GoogleSearch Console
  • Klik Add Property
  • Pilih “Website” dan masukan dimain website kalian secara benar dan lengkap
  • Klik “Continue”
  • Lakukan langkah Verifikasi yang tersedia
  • Input domain secara terpisah jika website kalian sudah mendukung versi http:// atau https://

2. Pasang Pemeringkat Website

Berikutnya kalian bisa memasang ekstensi pemeringkat website pada blog atau web kalian, contoh yang saya pakai pada website ini adalah Alexa Rank. Dengan memasang pemeringkat website kalian dapat melihat sudah sejauh mana kepouleran website kalian di kalangan pembaca, di Alexa Rank sendiri kalian dapat melihat peringkat website baik di sekala global (dunia) ataupun regional (negara asal).

3. Pasang Google Analytics

Memasang Google Analytics kalian dapat memantau pergerakan pengunjung dari halaman ke halam pada website kalian.  Google Analytics juga mampu mengidentifikasi perilaku pengunjung website, jadi kalian dapat melihat konten apa dari website kalian yang paling menarik minat pengunjung. Untuk cara pemasangannya kalian bisa buka Google Analytics melalui akun Google kalian.

4. Buat Sitemap pada Website

Sitemap adalah daftar yang berisikan semua halaman website yang bisa di akses oleh pengunjung dan mesin pencari google, atau bisa dibilang sepertihalnya daftar pustaka pada buku. Membuat Sitemap sangat berguna untuk meningkatkan traffic website dan optimalisasi SEO kalian. Terdapat dua jenis Sitemap yaitu XML yang diakses langsung oleh mesin pencari dan HTML yang di akses langsung oleh pengunjung.

5. Buat Website anda Fast-Loading

Kecepatan loading suatu website sangat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pengunjungnya, maka dari itu selalu pastikan bahwa website atau blog kalian itu fast-loading dan ramah bagi visitor. Menurut Google, lebih dari 50 % pengguna internet akan meninggalkan website yang loading page nya lebih dari 3 detik. Salah satu cara untuk menjamin website kalian tetap fast respon ialah dengan tidak menambahkan berbagai fitur atau template yang berlebihan pada website.

6. Rutin Mengupload Tulisan

Nah, untuk yang satu ini penting banget guys. Jika ingin pengunjung website kalian ramai, yang jelas kalian harus rutin mengupload konten atau tulisan yang berkualitas. Jika ingin menghasilkan pendapatan tambahan, jadikanlah blogger sebagai pekerjaan yang menyenangkan. Mungkin awalnya akan sangat membosankan, namun jika kalian konsisten dan bersabar tentu blog kalian akan cepat dikenal dan meraup keuntungan.

7. Perhatikan Trend Konten Terupdate

Ketika membuat konten tulisan, sangat disarankan agar kalian melihat perkembangan trend berita di google. Meskipun kalian merasa konten trending tersebut belum tentu sejalan dengan tema pada website kalian, cara ini terbilang ampuh untuk sesekali di lakukan agar traffic pengunjung pada website kalian meningkat.

8. Optimasi Gambar

Terakhir, pastikan gambar pendukung yang kalian upload pada konten tulisan responsif untuk pengunjung. Tuliskan detail yang lengkap pada gambar baik “alt-text, ukuran gambar, resolusi, dan caption”.

          Nah, itulah beberapa tips SEO yang bisa saya sampaikan pada pembahasan kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian yang tengah berjuang membangun traffic website dan blog kalian.

mrioaldino

Komentar





banner