-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Solusi Memecahkan Lika-Liku Skor IELTS dan TOEFL, ya Nge-LISTER aja !

Tidak ada komentar

“Bisa nggak ya aku kuliah sampai ke luar negeri, pengen banget jalan-jalan ke Eropa sambil belajar. Tapi bahasa inggris ku masih jelek banget, mau belajar tapi kok susah banget ya. Gimana mau ambil test IELTS atau TOEFL, yang ada rugi Bandar kalo aku gak siap-siap”

Apakah kalian termasuk kedalam kategori scholarship hunter yang kerap mengeluarkan unek-unek seperti ini “Kok ngomong inggris susah banget yak, kok mereka jago banget ya, kapan aku bisa jago bahasa inggris”. Dipikir-pikir ya memang sulit untuk belajar suatu bahasa yang bukan bahasa ibu, namun kuncinya sih satu “ala bisa karena biasa”.  Sekedar informasi saja, bahasa inggris sudah dinobatkan sebagai bahasa internasional oleh PBB loh, atau dalam artian sebagai bahasa sejuta umat, berbagai aktivitas internasional berlangsung dengan berkomunikasi menggunakan bahasa inggris meskipun juga ada beberapa bahasa Internasional lain seperti Mandarin dan Arab.

Lister
Source : olah data pribadi (freepik)

Nah, aku pun begitu guys, dulu aku juga sama seperti kalian yaitu susah banget buat nangkap berbagai materi bahasa inggris yang disampaikan oleh guru di kelas. Namun, karena motivasi ku kuat untuk bisa sekolah ke luar negeri, aku pun masih terus berproes dan menggunakan berbagai metode pembelajaran bahasa inggris baik secara autodidak maupun mengikuti les private. Beberapa metode yang biasa aku lakukan sehari-hari agar pemahaman Bahasa Inggris ku meningkat baik dalam section Speaking, Listening, Writing, ataupun Reading adalah sebagai berikut :

  • Sering nonton movie berbahasa inggris tanpa subtitle bahasa Indonesia
  • Mengikuti berbagai sosial media yang membagikan konten tentang belajar bahasa inggris
  • Jika tidak ada lawan bicara, aku biasa speaking sendiri di depan kaca.
  • Sering baca artikel atau buku berbahasa Inggris
  • Dan berbagai metode lainya,

Intinya begini teman-teman, belajarlah dari berbagai sumber yang ada, kita hidup di zaman yang melek digital jadi tidak ada alasan untuk sulit belajar dan semua kembali lagi kepada niat kalian ya. Nah, jika kalian sudah merasa mantap dengan skill bahasa inggris yang dikuasai dan ingin melangkah satu step kedepan yaitu belajar bahasa Inggris akademik seperti IELTS ataupun TOEFL sebagai persiapan studi impian, yuk sama-sama kita bahas kilat apa itu IELTS dan TOEFL dan apa lembaga kursus yang cocok untuk kalian.

Apa Itu TOEFL?

Toefl
Source : olah data pribadi (freepik)

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) adalah metode pengukuran kemampuan bahasa inggris yang lazim digunakan untuk orang-orang yang akan bekerja ataupun belajar menggunakan Bahasa Inggris. Secara umum, Test TOEFL dibagi kedalam tipe yaitu TOEFL ITP (Instituional Testing Program) biasanya digunakan untuk negara-negara wilayah Asia, penghitungan skornya pun bersifat institusional atau hanya digunakan untuk institusi dan wilayah lokal tertentu serta tidak berlaku untuk seluruh negara di dunia. TOEFL ITP terbagi menjadi tiga sesi ujian, yaitu Listening, Structure dan Reading Comprehension dengan bobot skor total maksimal adalah antara 500 hingga 600. Berikutnya ada tipe TOEFL IBT (Internet Based Test) yang mana proses ujianya akan berlangsung secara keluruhan melalui internet dan skor nya pun akan langsung terindek dan terkirim ke ETS. Materi tes pada TOEFL iBT meliputi Reading, Listening, Speaking dan Writing dengan bobot skor memiliki nilai maksimum 120, dengan rata-rata nilai yang diminta adalah 80 atau 90. Sekedar informasi, TOEFL biasanya berlaku untuk negara-negara di benua Amerika, namun ada juga sebagian negara di Eropa yang masih menjadikan TOEFL sebagai acuan penilaian bahasa Inggris seseorang.

Apa itu IELTS?

IELTS
Source : olah data pribadi (freepik)

International English Language Testing System (IELTS) adalah metode pengukuran kemampuan bahasa inggris individu yang umum digunakan oleh institusi-institusi di negara kawasan Eropa, Australia, dan Selandia Baru. Berbeda dengan TOEFL, pada IELTS ini peserta dipersilahkan untuk memilih modul ujian yang sesuai dengan tujuan test mereka, jika tujuanya untuk mendaftar ke universitas maka kalian seharusnya mengambil modul IELTS Academic, namun bila tujuan test kalian untuk bekerja atau tujuan imigrasi maka pilihlah IELTS General test.  Test IELTS sendiri terdiri atas 4 section yaitu Speaking, Writing, Listening, dan Reading yang mana masing-masing section memiliki range skor 0-9. Umumnya IELTS test ini diselenggarakan oleh lembaga resmi seperti Universitas Cambridge, British Council dan IDP Education Australia.

          Jadi bagaimana? Sudah mulai paham ya mengenai perbedaan antara TOEFL Vs IELTS. Mengenai intensitas kerumitan itu tergantung pada diri kalian masing-masing ya, tapi menurut opini pribadi dan pengalamanku IELTS masih jadi yang tersulit karena hampir semua accent bahasa Inggris digunakan pada modul test baik Australian, England, ataupun American tongue. Untuk dapat menguasai berbagai modul dan bagian pada test tentu dibutuhkan persiapan yang matang, tidak bisa instan seperti yang kalian pikirkan. Paling tidak kalian harus mengalokasikan waktu sekitar 6 bulan untuk dapat fasih dan mencapai skor impian, jangan main-main ya karena biaya untuk sekali test TOEFL atau IELTS ini tidaklah murah, kalian harus merogoh kocek dalam-dalam hingga 2-3 juta rupiah untuk sekali test dan biasanya sertifikat IELTS atau TOEFL pun hanya berlaku 2 tahun saja loh. Berbagai beasiswa bergengsi seperti LPDP, Fullbright, Erasmus, Chevening, dan beasiswa lainya membutuhkan sertifikasi TOEFL atau IELTS ini sebagai salah satu syarat mutlaknya, so prepare yourself guys!

“Nggak Bisa Bahasa Enggres”, Ya Nge-Lister aja!

Oke kak, aku udah siap belajar nih. Kasih rekomendasi lembaga kursus IELTS atai TOEFL yang terpercaya dongg!!

Baiklah, dari sekian banyak lembaga kursus yang bertebaran di jagat dunia maya ataupun dunia nyata saat ini. Salah satu yang terbaik dan terlengkap ialah Lister, sesuai tagline nya “One Stop Learning Platform” Lister menawarkan pengalaman belajar bahasa asing secara online yang flexible, jadi siswanya dapat belajar dimanapun dan kapanpun sesuai dengan level dan kecepatan belajar yang mereka pilih. Nah, back to topic!. Bagi kalian yang punya impian untuk berkuliah atau sekolah ke luar negeri namun skor IELTS dan TOEFL nya masih ancur-ancuran, coba yuk ambil kursusmu di Lister. Mengenai jenis kelas yang ingin kamu pilih bisa langsung berkunjung ke website lister.co.id atau bertanya via WhatsApp customer care mereka. Menariknya, kursus online di Lister kalian akan mendapatkan garansi skor yang di inginkan yaitu 7,5 untuk IELTS, 550 untuk TOEFL ITP, dan 95 untuk TOEFL IBT. Selain itu, tenaga pengajar atau tutor di Lister adalah mereka yang berpengalaman dan telah berkecimpung lama dalam sistem pengajaran Bahasa Inggris.

Lebih-lebih lagi, jika memilih paket ULTIMATE kalian berkesempatan untuk berkonsultasi secara lansgung dengan tim Lister yang kompeten mengenai step-step mendaftar dan mendapatkan beasiswa luar negeri impian mulai dari membuat personal statement, tips saat interview, bimbingan study abroad, ataupun Academic Curiculum Vitae. Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerja kursus bahasa asing online di Lister.

  1. Isi formulir pendaftaran, mengikuti placement test, lalu kalian akan bergabung pada kelas yang sesuai dengan level kemampuan kalian pasca placement test.
  2. Proses pembayaran kelas atau kursus pun sangatlah mudah, bisa membayar melalui transfer bank, kartu kredit, ataupun E-Wallet.
  3. Proses belajar tatap muka akan berlangsung Via aplikasi Video Conference yang user friendly.
  4. Setiap siswa online akan mendapatkan akses materi pembelajaran yang super lengkap dan berkualitas selamanya via Apps.
  5. Setiap kelas online yang di ikuti akan di rekam, sehingga setiap siswa masih memiliki kesempatan untuk mereview hasil belajar yang sudah dilakukan sebelumnya.
  6. Jika siswa memiliki kendala teknis maupun non teknis yang berkaitan dengan sistem pada Lister. Tenag saja, tim IT dan Konsultan Kursus mereka tersedia atau online selama 24 jam.

Review Alert : Kenapa Harus Kursus di Lister?

Lister
Source : lister.co.id/

       Jawabanya ya karena Lister mendukung visi kalian untuk belajar dan menguasai berbagai bahasa asing yang kalian butuhkan. Lister yang dikembangkan oleh PT. Lister Teknologi Edukasi melihat perkembangan dunia teknologi modern sebagai peluang untuk menghadirkan kursus online bahasa asing yang user friendly, trusted, dan high quality dengan biaya yang terjangkau. Saat ini, wadah atau lembaga kursus online sudah berkembang cukup masif namun beberapa hal berikut akan meyakinkan kalian bahwa Lister adalah lembaga kursus yang kompeten serta berbeda dari para kompetitiornya.

1. Program Belajar yang Bervariasi

Lister menghadirkan puluhan kelas bahasa online yang berkualitas dan menyesuaikan dengan kebutuhan belajar siswanya. Bahkan beberapa program dalam bahasa Inggris pun terfokus pada bidang keilmuan yang lebih spesifik seperti adanya program English for Nursing, English for Accounting, English for Startups dan lain sebagainya. Beberapa program unggulan lain yang dimiliki Lister ialah Test Preparation Program seperti IELTS Preperation, TOEFL IBT & ITP Preperation, TOEIC Preparation, GME and GMAT, Job Interview Preperation. Tidak hanya belajar bahasa Inggris loh, Lister juga menyediakan berbagai layanan belajar bahasa asing lainya seperti Bahasa Turki, Bahasa Perancis, Bahasa Arab, Bahasa Spanyol, Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, dan berbagai bahasa penting lainya. Wow, lengkap banget ya!

2. Waktu Belajar Flexible

Belajar di Lister tidak perlu khawatir bahwa kalian akan ketinggalan banyak materi karena rutinitas kerja keseharianmu yang tak menentu. Kursus online di Lister memungkinkan siswanya untuk belajar darimana saja dan kapan saja, selain itu berbagai materi yang sudah di pelajari pun masih bisa kalian download atau review karena semua materi pembelajaran telah di rekam pada sistem.

3. Kelas Live yang Interaktif

Meskipun online, berbagai kelas yang ditawarkan oleh Lister sangatlah interaktif dan solutif. Calon siswa dapat memilih kelas sesuai dengan keinginan, baik kelas 1-on-1, kelas semi private, maupun group class. Selain itu, kelas juga akan menyesuaikan dengan level dan kemampuan yang siswa miliki. Jadi tidak perlu khawatir tidak bisa ya!

4. Dipercaya oleh berbagai Client dengan Nama Besar

Lister tidak hanya di percaya oleh sebagian besar siswa online dan masarakat umum, eksistensi Lister pun telah di akui dan di percayai oleh berbagai intitusi bernama besar. Beberapa lembaga yang menjalin kerjasama dengan Lister seperti Kementrian Keuangan, OJK, Sirclo, Kepolisian Negara Republik Indonesia, beberapa universitas di Indonesia, dan berbagai perusahaan atau institusi lainya.

5. Diikuti oleh ratusan ribu follower pada social media

Saat ini, salah satu acuan untuk melihat seberapa tingginya antusiasme masyarakat atau warganet terhadap kualitas suat produk atau layanan ialah melalui social media. Lister melalui akun sosial media nya baik itu Instagram, Facebook, ataupun Youtube selalu menyuguhkan konten kreatif kepada masyarakat guna mendorong semangat mereka untuk belajar bahasa asing dengan giat. 

6. Tutor yang Cozy dan Berpengalaman

Salah satu garansi lain yang di dapatkan oleh siswa Lister ialah kompetensi tenaga pengajar atau tutornya yang berkualitas dan bersertifikasi. Sebagian besar tenaga pengajar Lister ialah mereka yang berpengalaman dalam dunia bahasa asing yang akan mereka ajar, baik mereka yang sebagai native speaker ataupun awardee beasiswa luar negeri.

7. Testimoni Alumni jadi bukti!

Nah, biar lebih kerasan buat pilih Lister sebagai media belajar bahasa asing kalian. COba deh kalian baca berbagai testimoni keberhasilan alumninya ketika belajar di Lister. Ini salah satu kutipan nyatanya ya!

“For me this program is more than just an ordinary online class! Lister offers supportive environment to learn English and it’s flexible schedule enables me able to learn everywhere. Lister has a fun learning method with friendly yet expert tutor. Lister makes me more confidence to speak English” Aisyah Nusa Ramadhana (Mahasiswa Universitas Airlangga)

         Yaa segitu saja ya ulasan singkat mengenai langkah-langkah memecahkan skor IELTS dan TOEFL bersama Lister. Jangan ragu untuk pilih Lister sebagai media belajar bahasa Inggris atau Asing online kalian, berbagai bukti dan manfaatnya sudah aku jabarin di atas. Semoga bermanfaat ya, semangat Ciayooo!

Tema : Belajar Bahasa Inggris/Asing Online.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com