-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Telusur Gunung Api Purba Nglanggeran & Air Terjun Kembang Soka!

Tidak ada komentar

            Jogjakarta lagi-lagi Jogja, rasanya udah nggak terhitung jumlah berapa kali gua berkunjung ke kota istimewa ini. Banyak alasan mengapa Jogja sering jadi pelabuhan jalan-jalan singkat dan healing gua, pertama karena potensi wisatanya yang super komplit, kedua urusan pekerjaan, dan terakhir ya urusan keluarga hehe. Di rubrik backpacker ini gua mau cerita dikit aja nih tentang pengalaman terakhir gua main ke Jogjakarta yaitu akhir tahun 2020 lalu, dua spot utama yang gua kunjungi ialah Gnung Api Purba Nglanggeran, Gunung Kidul dan Air Terjun Kembang Soka di Kulon Progo. Oke ini ulasan singkatnya!

1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba
Dok. Pribadi

Gunung Api Purba
Dok. Pribadi

Nah, gunung api purba ini diyakini udah ada sejak puluhan juta tahun lalu loh. Terletak di kawasan Gunung Kidul, panorama yang di tawarkan oleh spot wisata yang satu ini tak kalah ciamik di banding kawasan gunung wisata lain yang ada di seputaran Jawa Tangah sebut saja Gunung Andong. Sekitar satu jam dari kota Jogjakarta, gunung ini membutuhkan wakyu pendakian sekitar satu jam menuju puncaknya dengan ketinggian relative 700 MDPL. Selain itu pengunjung juga dapat menginap atau camping di area camping ground yang di sediakan dengan harga yang dapat ditanyakan langsung kepada pengelola. Namun, untuk sekali pendakian wisatawan akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp. 15.000 rupiah. Waktu terbaik untuk mengunjungi gunung ini ialah di pagi hari sebelum sunrise, serta hindari waktu akhir pekan agar tidak crowded. Selain itu ada banyak spot foto keren loh di sepanjang jalur pendakian gunung dan tentu hal ini telah dikelolah dengan baik oleh pengelola situs setempat. Sekedar informasi, meskipun nggak terlalu tinggi namun medan gunung api purba ini cukuplah rumit ya dengan berbagai kontur bebatuan curamnya, jadi tetap hati-hati ya.

2. Air Terjun Kembang Soka

Kembang Soka
Dok. Pribadi

Kembang Soka
Dok. Pribadi

Setelah letih naik-turun gunung, gua memutuskan untuk refreshing ke area Kulon Progo di keesokan harinya untuk mencari spot air terjun yang segar, dan perjalanan dari Kota Jogja menuju area Kulon Progo ini hanya sekitar 45 menit saja. Awalnya gua pengen coba nyebur di Sungai Mudal karena akhir-akhir ini kawasan tersebut cukup populer di kawasan wisatawan Jogja, tapi karena kesorean akhirnya gua ga bisa menikmati mandi di aliran sungai Mudal. Sebagai gantinya gua berkunjung ke kawasan Air Terjun Kembang Soka yang tak jauh dari kawasan Sungai Mudal, lebih-lebih lagi kawasan Air Terjun Kembang Soka ini juga memiliki panorama yang indah serta aliran air sungai yang besih. Tiket masuk ke air terjun ini hanyalah Rp. 5.000 saja ditambah biaya parker motor Rp. 5.000 juga. Sedikit informasi bahwa di air terjun ini terdapat tiga tingkatan kedalaman yang dapat kalian sesuaikan dengan kemampuan kalian masing-masing ya. Bagi kalian yang nggak jago renang, disini juga ada jasa penyewaan baju pelampung dengan harga Rp. 10.000 serta Ban Pelampung. Nah, gua sangat merekomendasikan kawasan air terjun ini untuk kalian kunjungi ketika sedang berlibur ke Jogjakarta, selain panoramanya yang indah, pengelolaan di kawasan air terjun ini sangatlah baik terbukti dengan adanya berbagai fasilitas public seperti mushola, toilet bersih, dan warung jajan.

            Jadi, itulah pengalaman singkat gua menelusuri Gunung Api Purba Nglanggeran beserta Air terjun Kembang Soka. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan refrensi liburan kalian selama di Jogjakarta, untuk lebih lengkapnya bisa tonton vlog gua berikut ya!.



mrioaldino

Komentar





banner