7 Negara Tanpa Kekuatan Militer di Dunia, Negara Mana Saja?

           Apa jadinya jika suatu negara di dunia tidak memiliki kekuatan militer sama sekali, apakah aman?. Jawabanya tentu saja karena hal seperti ini di atur sesuai kebijakan negara masing-masing. Perlu kalian ketahui, ada beberapa negara di dunia ini yang sama sekali tidak memiliki kekuatan atau sistem militer yang resmi, nah berikut daftarnya.


#1. Kosta Rika

kosta rika
Source : tridavisor.co.id

Di urutan pertama ada nama Kosta Rika sebagai negara yang tidak dilengkapi pasukan militer. Awal mula, negara ini sempat dilanda perang sipil pada kurun waktu 1948 dan telah menelan banyak korban jiwa serta mengalami berbagai kerugian finansial. Pasca hal ini Kosta Rika akhirnya menghapus sistem militer dan diganti dengan polisi sipil yang hanya bertugas untuk menjaga keamanan internal.


#2. Kepulauan Palau

kepulauan palau
Source : idntimes.com

Selanjutnya ada nama negara Palau, sebuah negara kepulauan yang terletak di kawasan samudera Pasifik. Meskipun tergolong tanpa pasukan militer, nyatanya Kepulauan Palau termasuk dalam perlindungan militer Amerika Serikat, seperti ditulis dalam Army Technology. Bahkan beberapa pangkalan militer Amerika telah didirikan di Palau sejak 1944 silam, di mana saat itu Palau telah diambil alih dari tangan Jepang. Dengan dukungan militer Amerika Serikat, pemerintah Palau dapat fokus pada persoalan ekonomi dan pariwisata nya saja.


#3. Kepulauan Solomon

kepulauan solomon
Source : travel.detik.com

Masih dari negara Oceania, kali ini ada nama Kepulauan Solomon yang memutuskan untuk tidak memiliki angkatan bersenjata, sebabnya ialah pasca konflik berkepanjangan serta pemerintahan yang belum stabil. Kepulauan Solomon hanya mengandalkan polisi untuk menjaga ketertiban internal negaranya.


#4. Vatikan

vatikan
Source : pikiran-rakyat.com

Berikutnya ada negara Vatikan yang termasuk kedalam kategori negara terkecil di dunia. Dengan luas wilayah 0,44 kilometer tentu membuat negara Vatikan tidak membutuhkan kekuatan yang ekstra pada bidang militer, negara ini hanya memiliki Garda Swiss yang sekedar bertugas menjaga keamanan Paus dan pasukan Gendarmerie untuk sipil saja.


#5. Andorra

andorra
Source : coe.int

Masih dari negara terkecil di benua Eropa, kali ini ada negara Andorra yang juga tidak memiliki kekuatan militer resmi di dalam pemerintahanya. Negara yang hanya berpopulasi sekitar 77 ribu jiwa ini memperolah kemerdekaannya sejak 1814 silam dari jajahan Prancis. Meskipun tanpa kekuatan militer, nyatanya Andorra berada di bawah perlindungan militer Spanyol. Lebih dari 25 persen warga Andorra adalah orang Spanyol, dan negara Spanyol sendir telah memiliki hubungan yang erat dengan Andorra sejak berabad-abad silam.


#6. Islandia

islandia
Source : kabar6.com

Termasuk kedalam kategori negara terindah di dunia nyatanya Islandia tak memiliki kekuatan militer yang khusus. Tercatat, Islandia tidak memiliki tentara sejak tahun 1869. Negara ini adalah anggota NATO dan memiliki perjanjian pertahanan dengan Amerika Serikat.


#7. Monaco

Monaco
Source : trip.com

Terakhir ada negara Monaco yang diketahui tidak memiliki pasukan militer sedikitpun, namun negara kecil ini dilindungi oleh otoritas negara Perancis. Sekedar informasi, negara dengan luas 202 hektar ini tidak memiliki pertahanan militer sejak abad ke-17.


Jadi, itulah daftar 7 negara di dunia yang tidak memiliki kekuatan militer resmi. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang membaca ya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama