-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Negara Maldives dan Sejumlah Potensi Wisata Terbaiknya!

Tidak ada komentar

     

Maldives
Source : picfair.com

        Maladewa atau Maldives adalah negara kesultanan sejak abad ke-12 dan menjadi wilayah protektorat Inggris pada tahun 1887 hingga memperoleh kemerdekaannya pada tahun 1965. 3 tahun setelah kemerdekaan, rakyat Maladewa melalui referendum memilih untuk mengganti sistem pemerintahan monarki konstitusional menjadi Republik Presidensil.


Profil Negara Maladewa

  • Nama Lengkap : Republik Maladewa (Republic of Maldives)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Ibrahim “Ibu” Mohamed SOLIH ( 17 November 2018)
  • Ibukota : Male
  • Luas Wilayah : 298km2
  • Jumlah Penduduk : 392.473 jiwa (2018)
  • Suku Bangsa/Etnis : India Selatan, Sinhalese, Arab
  • Bahasa Resmi : Divehi dan Inggris
  • Agama : Islam
  • Mata Uang : Rufiyaa Maladewa (MVR)
  • Hari Kemerdekaan : 26 Juli 1965 (dari Inggris)
  • Lagu Kebangsaan : “Gaumee Salaam” (National Salute)
  • Kode Telepon : 960
  • Pendapatan Per Kapita : US$18.380,-. (2019)
  • Lokasi : Asia Selatan

Sistem Perekonomian

       Pada sektor perekonomian tentu saja Maldives bertopang pada pendapatan Pariwisata dan Perikanan. Maldives memiliki Pendapatan Domestik Bruto sebesar US$6,901 miliar dengan pendapatan perkapita sebesar US$18.380,-. Selain sektor Pariwisata dan Perikanan, industri-industri penting lainya seperti Perkapalan, pengolahan kelapa, anyaman tikar, tali, kerajinan tangan, penambangan karang dan pasir.


5 Spot Wisata Terpopuler di Maladewa!


1. Pulau Vaadhoo

Pulau Vaadhoo maldives
Source : kumparan.com

Wisata populer pertama di Maladewa ialah Pulau Vaadhoo. Pulau yang populasi penduduknya kurang lebih 500 orang ini dikenal memiliki panorama alam yang memukau salah satunya adalah fenomena phytoplankton yang bersifat memancarkan cahaya cukup terang pada bibir pantai. Sayangnya fenomena tersebut tidak setiap hari terjadi. Butiran butiran biru yang ada di Maldives ini sama sekali bukanlah rekayasa hasil komputer semata. Namun hal tersebut murni nyata ada di Maldives.


2. Banana Reef

banana reef maldives
Source : travel.tribunnews.com

Berikutnya wisatawan dapat menyelami Banana Reef yang eksotis dan terletak di utara Atol Male. Tempat ini menjadi salah satu spot diving terpopuler di Maladewa dan sesuai dengan namanya, Banana Reef memiliki bentuk menyerupai pisang dan memanjang sampai dengan 300 meter dari arah utara ke bagian selatan. Serunya, ketika menyelam kalian dapat menjumpai berbagai jenis ikan unik seperti napoleon wrasse, bannerfish, sampai dengan moray eels.


3. Pulau Cocoa

pulau cocoa di maldives
Source : adventuretravel.co.id

Selain pulau Vadhoo, Maladewa masih memiliki pulau indah lainya yaitu Pulau Cocoa yang memiliki panorama pantai yang memikat. Di sekitaran pantai ini, wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan menarik, salah satunya adalah scuba diving. Pulau ini pun memiliki fasilitas berupa resort dengan kualitas premium loh.


4. Istana Mulee Aage

Istana Mulee Aage
Source : touaregadventure.com

Nah, bagi kalian yang bosan dengan wisata laut tentu Maladewa menyajikan wisata alternatif untuk itu. Kalian dapat mengunjungi Istana Mulee Aage yang sudah dibangun oleh Sultan Shamsudden III sejak tahun 1906 silam. Ciri fisik dari istana ini dapat dilihat dari atapnya yang berwarna merah, sebagian besar dindingnya pun berwarna putih dan biru, ukiran dinding berbentuk kipas, dan masih banyak lagi.


5. Pulau Nikaa

pulau nikaa maldives
Source : traveloista.co.id

Terakhir, kalian wajib berkunjung ke Pulau Nikaa yang merupakan rumah bagi sejumlah terumbu karang cantik. Pantai di sekitaran pulau Nikaa ini dikenal akan kejernihan air lautnya serta pasir putih yang lembut. Selain itu, berbagai aktivitas menarik dapat kalian lakukan selama berada di pulau ini seperti scuba diving, snorkeling, berenang, serta berjemur di bawah sinar mentari. Sekedar informasi, pulau ini berada di kawasan Pulau Karang Baa yang ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO.


        Jadi, itulah profil singkat negara Maladewa atau Maldives dengan sejumlah potensi pariwisatanya yang memukau. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang membaca ya. 

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com