-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Keren, Berikut 7 Desa Adat Indonesia yang Telah Mendunia!

Tidak ada komentar

    Berbicara tentang kebudayaan tentu bangsa Indonesia dikenal kaya akan keanekaragaman budaya dan adat istiadatnya. Dengan kondisi geografis kepulauan, berbagai wilayah atau pulau di Indonesia dihuni oleh masyarakat lokal yang masih teguh mempertahankan tongak kebudayaan daerah asli mereka. Namun, tak jarang juga mereka menerima berbagai tamu luar sebagai pengunjung wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara, dan hal ini juga dapat mendongkrak sektor ekonomi kreatif warga setempat. Nah tanpa berlama-lama lagi, berikut mimin kasih info mengenai 7 desa budaya Indonesia yang ketenaranya telah di akui oleh masyarakat dunia.

#1. Desa Adat Waerebo, Flores

Wae Rebo
Source : travel.dream.co.id

Desa adat Indonesia yang mendunia pertama ialah desa adat Wae Rebo yang berada di kawasan Manggarai, Nusa Tenggara Timur.  Desa adat ini dikenal dengan keunikan rumah adatnya yang disebut Mbaru Niang, selain itu Wae Rebo juga telah terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Wae Rebo sendiri sudah menjadi cagar wisata budaya Nusa Tenggara Timur dan kerap di kunjungi oleh berbagai turis lokal maupun mancanegara. Saat berada di desa ini, pengunjung akan disuguhkan dengan suasana kebudayaan adat istiadat yang kental, serta keindahan alam yang masih sangat asri.

#2. Desa Adat Baduy, Banten

Baduy
Source : bobobox.co.id

Nah, siapa yang tidak kenal suku Baduy terutama bagi orang-orang Indonesia yang mendiami wilayah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Setidaknya, Desa ddat Suku Baduy ini dihuni kurang lebih 20 ribu Urang Kanekes, sebutan untuk orang baduy. Biasanya, Suku Baduy dibedakan kedalam dua kategori yaitu Baduy luar yang dikenal sudah mulai terbuka dengan teknologi dan dunia luar, sementara yang lainya disebut Baduy dalam dalam atau mereka dikenal masih terisolasi dan membatasi segala aktivitas dari dunia luar. Disini kalian dapat berwisata sekaligus mempelajari budaya mereka. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatian, seperti tidak boleh memotret dan mengambil hasil alam tanpa izin.

#3. Desa Adat Praijing, Sumba

desa adat praijing
Source : travel.okezone.com

Berikutnya ada nama desa adat Praijing yang ketenaranya sudah mulai meruah hingga turis mancanegara. Desa adat Praijing ini berlokasi tepatnya di pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur dan para wisatawan biasanya akan menemukan rumah adat mereka yang unik yaitu Uma Bokulu. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat aktivitas masyarakat setempat yang masih memegang teguh kepercayaan pada nenek moyang mereka.

#4. Suku Dayak Pampang, Kalimantan

dayak pampang
Source : travel.detik.com

Di urutan selanjutnya ada nama desa adat Dayak Pampang yang mendiami wilayah Pulau Kalimantan. Suku Dayak sendiri memiliki nilai-nilai kearifan budaya yang sangat kaya dan cukup menarik untuk dijelajahi. Desa Adat Dayak Pampang sendiri sudah ada sejak tahun 1991 dan telah diresmikan sebagai salah satu Desa Wisata di Indonesia. Tak hanya melihat megahnya arsitektur Lamin Adat Pamung Tawai dengan dekorasi, ukiran, dan detail khas Dayak, setiap minggunya juga kalian dapat menyaksikan beragam pertunjukan kesenian khas Dayak loh!

#5. Desa Trunyan, Bali

desa trunyan bali
Source : bali.idntimes.com

Pulau Bali memang sudah di kenal secara luas oleh masyarakat Internasional sejak beberapa decade terakhir, namun salah satu spot wisata yang dapat menarik minat wisatawan ialah keberadaan desa adat Trunyan yang berlokasi di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Disini kalian akan melihat sisi lain dari pulau Bali dimana panorama alam yang disuguhkan benar-benar asri. Sebagian besar pengunjung datang ke desa ini untuk melihat secara langsung tradisi leluhur masyarakatnya.

#6. Desa Kete Kesu, Tana Toraja

Desa Kete Kesu
Source : pegipegi.com

Selanjutnya ada desa Adat Kete Kesu yang berlokasi di Tana Toraja, desa ini sendiri sudah ada sejak 500 tahun yang lalu. Ketika berkunjung ke desa ini, kalian akan diperlihatkan tentang bagaimana kearifan lokal prosesi penguburan jenazah di dinding batu yang sering dilakukan masyarakat setempat. Megahnya rumah-rumah tongkonan juga menjadi ciri khas utama Desa Adat Kete Kesu ini.

#7. Desa Adat Sijunjung, Sumatera Barat

Desa Adat Sijunjung
Source : liputan6.com

Desa adat Indonesia yang mendunia terakhir ialah Desa Adat Sijunjung yang berlokasi di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Kampung Adat Sinjunjung merupakan desa wisata selanjutnya yang bisa kalian kunjungi untuk melihat, lebih dekat kebudayaan masyarakat-masyarakat adat yang ada di Sumatera Barat. Di kampung adat ini sendiri dihuni oleh suku-suku Chaniago, Melayu, Pana, Tono, dan Melayu Tak Timbago. Di sepanjang jalan menyusuri desa adat Indonesia satu ini, pengunjung akan disuguhkan rumah-rumah Gadang yang berdiri rapi berhadap-hadapan.

          Nah, itulah informasi seru mengenai 7 desa adat Indonesia yang mendunia, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com