-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Profil Britania Raya dan Sejumlah Kota Wisata Terpopulernya!

Tidak ada komentar

britania raya flag
Source : wallpaperbetter.com

        Britania Raya adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di laut lepas pantai barat laut benua Eropa. Negara yang memiliki nama lengkap United Kingdom of Great Britain dan Northern Ireland ini pada dasarnya terdiri dari empat negara yang berada di dalam satu kedaulatan Britania Raya yaitu Inggris, Irlandia Utara, Wales dan Skotlandia. Selain keempat negara tersebut, Britania Raya juga memiliki beberapa Dependensi Mahkota dan wilayah-wilayah seberang laut Britania.


Profil Britania Raya

  • Nama Lengkap : Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia Utara
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Ratu Elizabeth II (6 Februari 1952)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Boris JOHNSON (sejak 24 Juli 2019)
  • Ibukota : London
  • Luas Wilayah : 243.610 km2
  • Jumlah Penduduk : 65.105.246 jiwa (2018)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Inggris
  • Etnis : Putih 87.2%, hitam/Afrika/Karibia/British Hitam 3%, Asia/British Asia: India 2.3%, Asia/British Asia: Pakistan 1.9%, campuran 2%, etnis lainnya 3.7% (estimasi 2011)
  • Agama : Kriten (59,5%), Muslim (4,4%), Hindu (1,3%)
  • Mata Uang : Pound Britania Raya (GBP)
  • Lagu Kebangsaan : “God Save the Queen”
  • Kode Telepon : 44
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 44.300,- (2017)
  • Lokasi : Eropa


Perekonomian Britania Raya


        Britania Raya merupakan negara maju di dunia dengan menempati urutan ke-9 sebagai negara dengan ekonomi terbesari di dunia. Beberapa industri penting di Britania Raya diantaranya adalah Permesinan, peralatan listrik, perangkat elektronik dan komunikasi, industri otomotif, perkapalan, pesawat terbang, perminyakan dan pengolahan makanan. Merek-merek Internasional yang terkenal seperti perusahaan perminyakan BP, perusahaan Otomotif Roll Royce dan perusahaan perbankan HSBC merupakan perusahaan-perusahaan yang berasal dari tanah Britania Raya.


5 Kota Wisata Terpopuler di Britania Raya (UK)


1. Kota London

Kota London
Source : kabar24.bisnis.com

Nah, berkunjung ke tanah Britania Raya sudah wajib rasanya untuk berplesir ke kota London, salah satu kota termaju di dunia. Secara geografis, kota ini terletak di tepi Sungai Thames, wilayah tenggara pulau Great Britain. Di kota London ini wisatawan dapat mengunjungi berbagai landmark populer seperti Buckingham Palace, Tower of London, London Eye, hingga Big Ben.


2. Kota Cardiff

Cardiff
Source : travel.detik.com

Berikutnya ialah berwisata ke kota Cardiff yang merupakan ibu kota dari Wales. Untuk kalian yang hobi berwisata kuliner, kota Cardiff ini cocok sekali untuk dikunjungi. Kuliner di cardiff termasuk kedalam salah satu yang terbaik se-Britania Raya loh. buktinya ada belasan restoran di kota ini dan sekitarnya yang sudah mendapat peringkat bintang Michellin. Cardiff juga populer karena memiliki sejumlah shopping arcade yang cantik dan museum-museum yang ciamik.


3. Kota Edinburgh

Kota Edinburgh
Source : mldspot.com

Apakah kalian pecinta serial Hary Potter? Nah, berkunjung ke kota Edinburgh di Skotlandia dapat menjadi jalan untuk kalian yang ingin menyaksikan asal-muasal serial terkenal ini dibuat. Secara geografis, kota ini terletak di regio Lothian, di pesisir selatan muara sungai Forth dan merupakan salah satu kota yang memiliki atmosfir yang unik, karena menawarkan perpaduan antara arsitektur bergaya Medieval di area Old Town dan arsitektur bergaya Georgian di area New Town.


4. Kota Belfast

Kota Belfast
Source : panorama.id

Nah, selanjutnya kalian dapat memasukan nama kota Belfast sebagai destinasi wisata yang akan dikunjungi. Kota Belfast merupakan ibu kota sekaligus kota terbesar di Irlandia Utara. Kota ini terletak di lembah Sungai Lagan, di pantai Timur Irlandia Utara. Di kota ini banyak tempat wisata menarik yang siap memanjakan mata seperti Belfast Castle, Parliament Buildings, Ulster Museum, Botanic Gardens, ss Nomadic, Belfast City Hall, Albert Memorial Clock, dan Cave Hill.


5. Kota Glasgow

Kota glasgow
Source : lifestyle.okezone.com

Terakhir kembali ke Skotlandia, wisatawan dapat berkunjung ke kota Glasgow yang merupakan kota terbesar di Skotlandia. Secara geografis, Glasgow terletak di tepi Sungai Clyde, di wilayah barat dataran rendah Skotlandia. Glasgow juga dijuluki sebagai World’s Friendliest City, karena penduduknya yang terkenal sangat ramah. Keramahan penduduk Glasgow ini sudah sangat populer dan selalu bisa membuat para wisatawan merasa diterima dengan tangan terbuka.


            Nah, itulah profil singkat negara Britania Raya dengan berbagai potensi wisata yang dimilikinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com