-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Dulu Dikenal Miskin, 5 Negara Ini Bertranformasi Menjadi "Negeri Kaya" Abad Modern!

Tidak ada komentar

        Menjadi negara kaya dan sejahtera mungkin menjadi dambaan bagi setiap bangsa di dunia, dengan menjadi kaya tentu tujuan negara untuk mensejahterakan seluruh rakyatnya akan terasa lebih mudah. Namun, menjadi negara kaya tak semudah apa yang dibayangkan, berikut adalah 5 negara yang dulunya miskin sekarang menjadi kaya raya, negara apa saja? Simak pembahasan berikut.

#1. Qatar

Qatar
Source : kompas.com

Nah, negara Qatar saat ini tercatat sebagai salah satu negara terkaya di dunia bahkan sempat menembus peringkat satu dunia sebagai negara terkaya. Namun, tahukah kalian jika Qatar dahulunya merupakan sebuah negara yang miskin, kondisi negaranya kumuh dan rakyatnya belumlah sejahtera. Pasca kemerdekaan Qatar tahun 1971 ditemukanlah sebuah sumber kandungan gas alam cair terbesar di dunia. Pemerintah Qatar begitu pandai memanfaatkan sumber daya alam yang ada sehingga negara ini bertranformasi menjadi negara terkaya di dunia saat ini, bahkan sulit menemukan penduduk miskin di negeri ini.

#2. Singapura

Singapura
Source : unsplash.com

Negara kecil yang bertetanggaan dengan Indonesia ini juga menjadi salah satu negara kaya di dunia, Singapura sebuah jembatan perekonomian negara-negara kawasan Asia Tenggara bahkan dunia. Dulu, sejak keluarnya Inggris dari wilayah Singapura, hampir 70 persen rakyat di sana mengalami kemiskinan. Namun, mereka bangkit dengan cara Lee Kuan Yew, petinggi waktu itu yang mewajibkan asuransi kepada seluruh warganya, tujuannya agar semua bisa merasa sejahtera. Selain itu Lee pun mengobral zona investasi bebas pajak bagi perusahaan dan investor asing, sehingga membuat devisa Singapura mengalir deras. Dan inilah yang menyebabkan Singapura menjadi salah satu negara kaya di dunia.

#3. Korea Selatan

seoul wallpaper
Source : wallpaperaccess.com

Korea Selatan yang terletak di kawasan Asia Timur ini dulunya tak lebih hanya sebagai negara miskin, industri utamanya pun hanyalah pertanian. Namun, selama empat dekade terakhir Korea Selatan bertranformasi menjadi negara maju di Asia, prioritas yang diutamakan adalah mempersiapkan generasi muda yang siap mengubah nasib bangsa. Pertama, dengan mengalokasikan 20% dana untuk sektor pendidikan. Lalu, pemerintah Korsel memfokuskan diri pada export oriented di mana mereka menggenjot produksi untuk dikirim ke luar negeri.

#4. China

China
Source : unsplash.com

China dapat dibilang sebagai salah satu pusat perindustrian terbesar di dunia, banyak produk China yang telah merajai pasar global. Namun, siapa sangka dulunya China hanya sebuah negara miskin meski memiliki wilayah yang sangat luas. Kala itu, Rusia sempat menawarkan bantuan alat industri untuk China. Namun, pemimpin Mao Zedong, menolak hal tersebut dan bertekad menyelesaikan semua masalah bangsa dengan cara sendiri. Jumlah penduduk yang luar biasa banyak berbalik menjadi senjata ampuh yang membuat China merajai industri dunia hingga saat ini.

#5. Uni Emirat Arab

dubai wallpaper
Source : wallpaperbetter.com

Terakhir adalah Uni Emirat Arab, siapa yang tak kenal Dubai sebuah kota mewah dengan berbagai fasilitas kelas satu di dunia. Siapa sangka jika UEA akan berubah menjadi negara yang super mewah saat ini, bahkan dahulu negara ini hanyalah sebuah negara miskin dan gersang. Pemerintah UEA benar-benar bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada guna membangun negara, seperti Minyak Bumi.

        Nah, itulah penampakan 5 negara yang dulunya miskin dan sekarang kaya raya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com