-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Mengapa Amerika Serikat Selalu Mendukung Israel?

Tidak ada komentar

        Seperti kita ketahui, betapa eratnya hubungan kekerabatan antar negara Amerika Serikat dan Israel, dan ternyata hubungan persaudaraan antara kedua belah negara ini sudah terjalin sejak perang dingin. Meski begitu, tak lantas awal dari hubungan kedua negara ini terjalin baik bahkan pada masa perang Suez tahun 1956 presiden Amerika Serikat yang kala itu dijabat oleh Dwight D. Eisenhower secara terang-terangan menentang perlakuan Israel. Namun semuanya berubah ketika memasuki masa perang dingin, kala itu Amerika Serikat memandang Israel sebagai pihak yang dapat dijadikan pembantu mereka ketika melawan pengaruh Uni Soviet di kawasan Timur Tengah. Disisi lain, Israel sendiri memperoleh bantuan dari Amerika Serikat ketika mereka mendapat serbuan bertubi-tubi dari bangsa Arab. Selain itu persamaan ideologi dan kepentingan semakin memperkuat hubungan persaudaraan kedua negara ini.


israel vs amerika
Source : keepo.me

Dalam sebuah buku karya Dennis Roos yang berjudul “Doomed to Succeed: The U.S.-Israel Relationship from Truman to Obama”, seperti dikutip situs Al Jazerra, berisikan anggapan mengenai tiga poin penting dalam hubungan Israel dan Amerika.

  1. Israel posisinya selalu benar
  2. Amerika akan terus menganggap benar Israel, membela perangnya, dan memberi penghargaan atas agresi dan penyangkalannya.
  3. Ross berargumen jika Palestina bukan prioritas orang Arab.

Dan itulah tiga poin utama yang menjadi landasan mengapa dua negara tersebut saling mendukung satu sama lain. Disamping tiga faktor diatas ternyata masih ada beberapa landasan lain mengapa AS selalu mendukung Israel, diantaranya ialah :


#1. Pengaruh Israel di Timur Tengah Cukup Kuat dan sesuai dengan Ideologi dan         Kepentingan AS


Hal pertama yang melandasi mengapa AS selalu mendukung Israel ialah anggapan AS terhadap Israel yang memiliki pengaruh kuat di kawasan timur tengah. Hal ini diperkuat dengan kekuatan militer Israel yang cukup dikenal solid di kawasan bangsa-bangsa penghasil minyak tersebut tentu hal ini dapat dimanfaatkan oleh AS untuk memperkuat kepentingan mereka di kawasan Timur Tengah.


#2. Amerika Sangat mendukung Pembentukan Negara Israel


Selanjutnya ialah anggapan dimana Amerika sangat mendukung berdirinya negara Israel ini. Tentu pembentukan Israel sebagai negara yang diakui tidaklah mudah, bangsa Yahudi harus berjuang untuk membentuk negara mereka tersebut meski harus melakukan cara-cara keji dengan mengusir penduduk Palestina sebagai warga asli. Meski sering mendapat kecaman dari berbagai negara namun hanya AS yang selalu mendukung berdirinya negara ini, bahkan salah satu wujud pengakuan itu telah terlihat semenjak Israel berdiri untuk pertama kali pada 14 Mei 1948 dimana AS langsung membuka hubungan diplomatik mereka terhadap Israel.


#3. Bantuan Financial Rutin AS terhadap Israel


Landasan selanjutnya ialah mengenai dana bantuan rutin yang kerap digelontorkan AS untuk Israel, bahkan jumlah dana yang dikeluarkanpun tidaklah sedikit. Di tahun 2019, sekitar USD 3,8 miliar dihabiskan AS untuk membantu Israel terutama untuk kepentingan militer, namun dengan berbagai syarat tentunya seperti kebebasan dalam berbisnis tanpa terikat dengan banyak regulasi dan dana, selain itu pertukaran fasilitas yang ada.


#4. Memiliki Musuh yang Sama


Terakhir ialah mengenai lawan politik kedua negara ini, diketahui antara AS dan Israel memiliki musuh yang sama. Jika berbalik ke sejarah masa lalu, sejatinya awal persaudaraan kedua belah negara ini karena mereka memiliki musuh yang sama yaitu bangsa-bangsa komunis. Seperti diketahui sebelumnya, bangsa Yahudi dan AS adalah anti komunis hingga berakhirnya perang dingin. Tak hanya sampai disitu, antara AS dan israel juga memiliki negara yang sama-sama tidak mereka sukai seperti Iran.


        Dan itulah beberapa alasan mengapa Amerika Serikat sangat bersahabat dengan Israel, jika masih ada pendapat lain silahkan komentar di kolom komen ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang membaca.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com