-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Catat, Inilah 5 Negara Termuda di Dunia!

Tidak ada komentar

            Halo sobat NinJa, baru-baru ini negara Indonesia baru saja merayakan hari ulang tahunya yang ke-76 dan semoga NKRI jaya selalu ya. Nah, pernakah kalian berfikir, negara mana ya yang memiliki usia termuda atau baru saja merdeka dalam kurun waktu beberapa tahun atau dekade terakhir. Untuk menjawab keraguan kalian, berikut 5 negara termuda di dunia.

#5. Republic of Palau

republic of palau
Source : palauun.org

Di urutan kelima sebagai negara termuda di dunia ialah Republic of Palau, sebuah negara kecil yang berada di Kepulauan Pasifik barat. Negara ini mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1 Oktober 1994 dari Amerika Serikat. Sekitar kurun waktu abad ke-16, Palau berada di bawah kolonisasi Spanyol hingga berakhir pada 1899, lantaran Imperial Germany membeli wilayah tersebut dan menamainya German New Guinea. Wilayah negara tersebut juga sempat dikendalikan oleh Jepang selama Perang Dunia I hingga 1947. Dan pada tahun 1979, beberapa wilayah dengan cakupan 340 pulau tersebut bergabung untuk membentuk Negara Federasi Mikronesia atas campur tangan Amerika Serikat di bawah Compact of Free Association, termasuk menyediakan bantuan berupa keuangan.

#4. Timor Leste

Timor Leste
Source : wowtravel.me

Di urutan keempat ada nama negara Timor Leste yang dulunya merupakan bagian dari wilayah Indonesia. Setelah melalui serangkaian upaya panjang untuk lepas dari NKRI, akhirnya Timor Leste dapat mendeklarasikan kemerdekannya pada tahun 1999. Saat itu, Timor Leste mengadakan jajak pendapat atau referendum untuk memilih melepaskan diri atau tetap menjadi bagian dari Indonesia. Referendum ini juga didukung oleh PBB. Secara resmi, negara ini memerdekakan diri dan menjadi negara baru pada 20 Mei 2002 atau 18 tahun yang lalu. 

#3. Montenegro

montenegro
Source : access-info.org

Di posisi ketiga ada negara Montenegro yang memperoleh kemerdekaan pada 3 juni 2006. Saat itu, Uni-kesatuan Serbia dan Montenegro berakhir setelah Montenegro secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya. Dua hari setelah Montenegro mendeklarasikan kemerdekaannya, Serbia juga turut menegaskan diri sebagai negara yang merdeka. Setelah Montenegro dan Serbia masing-masing menyatakan kemerdekaannya secara penuh, banyak pihak melihat hal ini sebagai simbol dari akhir perjalanan sisa-sisa bekas negara Yugoslavia.

#2. Kosovo

Kosovo
Source : travelsewhere.net

Sekitar 12 tahun lalu lahirlah sebuah negara baru di dataran Eropa yaitu Kosovo yang mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Februari 2008 setelah lepas dari Serbia.  Kosovo merupakan bangsa terkecil Balkan dengan populasi sebanyak 1,8 juta.  Meskipun Pengadilan Internasional mengesahkan kemerdekaan Kosovo, Serbia dan beberapa negara lainnya masih belum mengakuinya sebagai negara yang berdaulat. 

#1. South Sudan

South Sudan
Source : careersinafrica.com

Nah, di urutan pertama sebagai negara termuda di dunia adalah South Sudan yang baru saja mendeklarasikan kemerdekaannya sembilan tahun lalu atau pada 9 Juli 2011 setelah memisahkan diri dari Sudan. Sebanyak 99 persen suara dari masyarakat Sudan bagian selatan menginginkan berpisah dari Sudan bagian utara. Negara ini memiliki luas 239.285 mil persegi dengan populasi yang tercatat pada tahun 2017 sebanyak 12.58 juta jiwa. Negara yang terletak di Afrika Timur ini menempatkan kota terbesar yakni Juba sebagai ibu kotanya. Meskipun telah menyatakan sikap sebagai negara merdeka, namun perang saudara masih kerap terjadi di negara Sudan Selatan hingga hari ini dan kemiskinan yang tinggi pun masih menyelimuti Sudan Selatan.

       Jadi itulah informasi mengenai 5 negara termuda di dunia, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang membaca ya.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com