-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Berikut Hal Seru yang Dapat Dilakukan di Hari Batik Nasional!

Tidak ada komentar

        Salah satu tagline iklan yang selalu membekas dibenak saya bahkan sebagian besar masyarakat Indonesia ialah iklan “Cintailah produk-produk Indonesia”, betapa tidak iklan ini dikemas sederhana namun mampu mempersuasi masyarakat nasional untuk memproduksi dan memanfaatkan produk-produk dalam negeri. Disisi lain, bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa Indonesia adalah negara multietnik dimana keberagaman adalah kunci persatuan, bahkan produk-produk kebudayaan yang dihasilkan pun mampu memupuk rasa persatuan dan saling memiliki satu sama lain. Nah, salah satu produk kebudayaan Indonesia yang telah mendunia dan menjadi identitas nasional ialah batik, bahkan keaslian batik sebagai identitas nasional bangsa ini juga telah ditetapkan oleh UNESCO pada tanggal 2 oktober 2009 dalam kategori Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Jadi, sejak saat itu juga tanggal 2 Oktober setiap tahunya diperingati sebagai hari batik nasional.

Untuk menyambut hari batik 2021 yang sebentar lagi akan kita rayakan, kira-kira kegiatan apa ya yang bisa kita lakukan guna memeriahkan hari batik nasional. Nah, untuk itu artikel ini akan memberikan solusi yang apik untuk kalian agar antusias merayakan hari batik nasional, berikut ini beberapa kegiatan seru yang dapat dilakukan di hari batik nasional.

#1. Ikut berbagai lomba tema hari batik nasional

klikindomaret.com/
Source : olah data pribadi

Hal seru pertama yang dapat dilakukan ialah mengadakan atau ikut berpartisipasi dalam rangkaian lomba atau challenge yang berkaitan dengan hari batik. Tentu ada banyak platform atau penyelenggara yang mengadakan sejumlah kegiatan seru untuk memperingati hari batik ini, salah satunya blog.klikindomaret.com yang mengadakan lomba blog nasional dengan tema “Cintai Produk Batik, Bangga Produk Lokal”. Selain untuk menantang diri, tentu lomba-lomba ini akan semakin meningkatkan rasa nasionalsime kita sebagai rakyat akan pentingnya menjaga kelestarian batik dan berbagai produk lokal lainya.

#2. Pakai baju batik terkece kalian

klikindomaret.com/
Source : olah data pribadi

Untuk urusan yang satu ini tidak perlu diperdebatkan lagi ya, menggunakan baju batik di hari batik rasanya sudah menjadi budaya bagi sebagian besar korporasi ataupun institusi pendidikan di Indonesia. Namun, aktivitas ini bisa juga dilakukan oleh khalayak umum loh!. Ayo gunakan batik terbaikmu dan tebarkan rasa banggamu, jika bukan kita yang memulai siapa lagi. Tapi, jangan hanya karena hari batik saja ya kita mau memakai batik, hal ini bisa juga kita gaungkan dalam rutinitas sehari-hari.

#3. Berkunjung ke Museum Batik

klikindomaret.com/
Source : olah data pribadi

Nah, bagi kalian yang tinggal di daerah yang terdapat museum batik, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke museum-museum batik tersebut. Berkunjung ke museum batik terbilang seru loh dimana kita dapat mengenal lebih dalam lagi sejarah perkembangan batik di bumi nusantara serta keunikan-keunikan lain yang dimiliki batik itu sendiri. Namun, di situasi seperti saat ini kita harus tetap patuh pada protocol kesehatan Covid-19 ya, semangat kita dalam merayakan hari batik harus tetap sejalan dengan kepedulian kita akan kesehatan bersama ya. Museum batik sendiri terrdapat di sejunmlah kota di Indonesia seperti Jakarta, Jogjakarta, Solo, hingga Pekalongan.

#4. Posting keseruan menggunakan batik di sosial media

klikindomaret.com/
Source : olah data pribadi

Karena kita hidup dalam era globalisasi yang mengharuskan kita untuk berinteraksi dalam dua dimensi yaitu dimensi maya dan realita, maka tak ada salahnya membagikan berbagai keseruan kita merayakan hari batik ini ke jejaring media sosial. Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat lainya akan pentingnya menjaga identitas nasional agar tidak terkikis oleh perkembangan zaman.

#5. Upgrade koleksi batikmu

klikindomaret.com/
Source : olah data pribadi

Bagi kalian yang punya rezeki lebih dan ingin mendukung karya-karya anak bangsa, menambah daftar koleksi batik di lemari bajumu dengan membeli yang baru juga dapat menjadi salah satu langkah untuk memajukan UMKM nasional loh. Selain itu, enaknya hidup di zaman ini aktivitas belanja batik pun juga dapat dilakukan secara online dengan proses transaksi yang mudah, cepat, dan aman. Saat ini ada banyak platform belanja online yang menjual berbagai produk kebutuhan masyarakat termasuk batik, salah satu yang dapat menjadi platform pilihan belanja kalian ialah klikindomaret.com.

Bagaimana, sudah tidak bingung lagi kan mau berbuat apa, dan setidaknya dengan melakukan sejumlah kegiatan di atas ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan, diantaranya meningkatkan rasa nasionalisme kita akan bangsa Indoensia, ikut serta mengamalkan butir-butir sila ketiga yaitu persatuan Indonesia, turut andil memperkenalkan budaya nasional ke mancanegara, dan terakhir membantu perekonomian nasional tumbuh dengan membeli produk-produk lokal yang berkualitas. Oleh karena itu, cintailah produk batik, bangga produk lokal!

mrioaldino

Komentar





banner