-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Magis “Ikoy-Ikoyan” ala Influencer Yang Membuka Keran Rezeki Warga Sosmed!

Tidak ada komentar

        Dua tahun berlalu pasca pandemi covid 19 merebak, terdapat sejumlah perubahan mendasar yang terjadi dari cara hidup manusia. Saat ini, hampir sulit menemukan rangkaian aktivitas yang melibatkan kerumunan orang banyak karena hal ini mulai dianggap ancaman penularan wabah. Mau bagaimana lagi, manusia harus terbiasa menyesuaikan diri dengan gaya hidup berjauh-jauhan. Meskipun begitu, dibalik kesulitan tentu ada solusi kemudahan yang ditawarkan, salah satu wadah yang tetap mampu merekatkan hubungan antar individu di masa pandemi ialah sosial media karena tak dapat dipungkiri peran sosial media dan jejaring online lainya sangat sentral dewasa ini. Berbagai aktivitas pun mulai beralih ke arah yang lebih digital sebut saja aktivitas perkantoran, aktivitas belajar-mengajar, hingga aktivitas belanja kebutuhan sehari-hari.

Indozone
Source : Olah Data Prbadi

Disisi lain, masifnya penggunaan sosial media ini juga mendorong lahirnya sejumlah lapangan pekerjaan baru yang menuntut kreativitas dan inovasi. Salah satu pekerjaan yang mengandalkan sosial media dan siapa saja bisa melakukanya namun dengan income yang menjanjikan ialah menjadi influencer atau content creator. Banyak yang telah membuktikan bahwa the power of social media in pandemic era ini benar-benar membuka keran rezeki baru, meskipun pekerjaan sebagai influencer ini sudah ada sebelum pandemi covid 19 merajalela namun intensitas pengguna sosial media yang mulai merintis karir sebagai influencer ini terus meningkat selama masa karantina ini. Selain dapat memperoleh income pribadi di masa sulit, tentu tak sedikit juga dari para influencer ini yang saling berbagi dan melakukan donasi online untuk para pengikutnya melalui platform sosial media mereka, tujuanya tentu untuk berbagi kebahagiaan di masa pacekelik. Nah, salah satu aktivitas bagi-bagi online yang cukup fenomenal beberapa waktu terakhir ialah “Ikoy-Ikoyan Ala Arief Muhammad”. Lantas apa sih Ikoy-ikoyan ini?

Ikoy Oiiii Ikoy, Kirimin dia duit sekian…

Indozone
Source : Olah Data Prbadi

Siapa sih yang menolak kalau dikasih uang secara cuma-cuma tanpa syarat, bahkan para pejabat korup pun akan maju paling depan untut mengamankan jatah itu. Eittss canda korup hihi. Nah, dalam hal ini bagi-bagi online yang dimaksud ialah “Ikoy-ikoyan ala Arief Muhammad”, sedikit disclaimer jadi Arief Muhammad ini ialah seorang influencer yang awalnya dikenal sebagai selebtwit dengan akun bernama Pocong di twitter. Seiring berjalanya waktu, keran rezeki Bang Arief ini (sapaan akrabnya) semakin deras terutama sejak ia mulai masuk ke ranah youtube dan instagram, disisi lain ia juga seorang pengusaha kreatif di berbagai bidang usaha mulai dari kuliner, otomotif, hingga kos-kosan. Mantap nggak tuh!. Jadi, untuk para pengikut lamanya Arief Muhammad pasti sudah tau karakteristik bang Arief ini dalam bersosial media bagaimana. Back to topic ya, jadi awalnya Arief Muhammad ini memang rutin berinteraksi dengan para follower nya, dan tak bisa di tampik bahwa para pengikut bang Arief ini unik karena terkadang celetukan dan candaan mereka terhadap postingan Arief Muhammad malah berbuah rezeki. Namun, semakin kesini nampaknya Arief Muhammad melihat celah untuk semakin menebar kebaikan dengan caranya yang unik ini, dengan sistem sampaikan kebutuhan mendesak pengikutnya di kolom komentar atau direct message instagram lalu Arief Muhammad akan memilih dan mengabulkan sejumlah keinginan-keinginan tersebut. Meskipun diiringi dengan segelintir pro dan kontra namun apa yang diupayakan Arief Muhammad ini ialah suatu hal yang positif untuk membantu sesama orang yang kesulitan, hal ini juga mendorong sejumlah influencer lain untuk turut andil dalam program Ikoy-Ikoyan sebut saja seperti youtuber Atta Halilintar, pengusaha Putra Siregar, hingga influencer Fadil Jaidi. Nah, perihal kontra dari aktivitas Ikoy-Ikoyan ini siapapun berhak berasumsi, namun harus tetap pada koridor yang sopan ya karena memang tujuan Ikoy-Ikoyan adalah untuk berbagi kebahagiaan. Setidaknya dari aktivitas ini ada banyak orang yang terbantu mulai dari dapat meringankan biaya kehidupan sehari-hari, melunasi biaya sekolah, hingga sebagai modal usaha di masa pandemi. So, Keep positive ya guys!

Sebagai strategi Hit and Reach serta Marketing

     Jika kita telaah lebih lanjut, secara tidak langsung aktivitas “Ikoy-Ikoyan” ini menghadirkan sejumlah dampak bagi para Influencer itu sendiri terutama pada Hit and Reach pada akun sosial media mereka. Sekedar infoemasi, biasanya salah satu syarat untuk mengikuti aktivitas Ikoy-Ikoyan ini ialah kewajiban untuk mengikuti akun sosial media sang Influencer, secara otomatis juga hal ini akan meningkatkan engagement si influencer, bisa dibilang akan terjadi win-win solution (kalian dapat uang, influencer dapat popularitas). Disamping itu, Influencer yang mengadakan Ikoy-Ikoyan ini biasanya juga mengandeng sejumlah brand product kenamaan, tujuanya tentu untuk menaikan interest masyarakat sosial media terhadap brand yang bersangkutan, jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas ini telah menjadi strategi marketing baru yang berkembang secara tidak disengaja. Tentu dengan biaya donasi ratusan juta yang digelontorkan, tak akan ada apa-apanya dengan profit yang akan mereka dapatkan nantinya. So, it is a good game dude!

Indozone
Source : Olah Data Prbadi

Dari gambaran aktivitas “Ikoy-Ikoyan” ini dapat ditarik kesimpulan bahwa peran Influencer ini sangat besar dalam menentukan trend yang akan terjadi di laman sosial media, bahkan perkembangan sosial media yang semakin maju saat ini tak lepas dari ide dan karya yang mereka tuangkan di kanal akun masing-masing. Selain sebagai pionir dalam berbagi rezeki, ada sejumlah aktivitas lain yang kerap dilakukan oleh influencer guna mempengaruhi audiensya. Karena sesuai kodrat namanya “Influencer” adalah pembawa pengaruh, bahkan tak jarang Influencer digandeng oleh pemerintah suatu negara untuk mensosialisasikan program-program baru pemerintah. Saat ini banyak pula Influencer yang menyuarakan tentang pentingnya melakukan Vaksinasi covid 19 demi kesehatan kita bersama, untuk hal ini wajib kita dukung ya teman-teman.

5 Tips jadi Influencer Kece di Era Pandemi!

       Nah, gimana apakah kalian tertarik untuk menjadi influencer? Atau apakah kalian berkeinginan menjadi si pemberi Ikoy-Ikoyan? baiklah kali ini saya akan sedikit memberikan tips untuk kalian semua yang tertarik untuk menjadi seorang Influencer yang cakap dan keren. Simak baik-baik ya!

  1. Aktif bersosial media, bahkan hanya sekedar menjadi top komen di akun Indozone.id pun tak masalah hihi!
  2. Temukan passion mu dibidang apa, jika kamu pandai bernyanyi maka tak ada salahnya menyalurkan bakat menyanyimu melalui kanal sosial media yang dimiliki.
  3. Jangan malu, ya bagaimana bisa mempengaruhi banyak orang jika tampil di depan kamera saja kamu malu. Bear in mind ya!
  4. Koneksikan semua akun sosial mediamu menjadi satu, misal ketika kamu posting sesuatu di Instagram maka posting pula di Facebook, Twitter, dan lain sebagainya. Tujuanya ya jelas untuk menarik minat viewer.
  5. Terakhir ialah berdoa, karena usaha yang diiringi doa adalah hidayah. Jadi, semangat menebar manfaat ya guys!.

            Bagaimana, seru kan pembahasan kita kali ini? semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian yang membaca serta menjadi sumber motivasi untuk kalian berkarya. Oiya, artikel ini tidak akan terelaisasi tanpa niat untuk ikut berpartisipasi dalam blog competition Indozone.id!

 

“Sore-sore ke rumah Majid

Sampai disana ehh Majidnya pergi

Selamat ulang tahun ke-3 Indozone.Id

Semoga selalu semangat dalam membagikan informasi seru kepada kami”

 

Disclaimer : Artikel ini dibuat untuk kebutuhan “Blog Competition dari Indozone.Id” dengan tema besar The power of social media in pandemic era dan sub topik pilihan Peran Influencer dalam Perkembangan Sosial Media.

mrioaldino

Komentar





banner