-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Memahami Keunggulan Perusahaan Outsourcing atau Alih Daya Sepertihalnya Sinar Jernih Suksesindo!

Tidak ada komentar

PT.Sinar Jernih Suksesindo - Pernakah kalian mendengar istilah Outsourcing? Jika belum, perlu dipahami bahwa istilah Outsourcing (pengalihdayaan) sendiri bisa diartikan sebagai penggunaan atau pemanfaatan tenaga kerja dari pihak ketiga (perusahaan alih daya) untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu. Sementara, Perusahaa alih daya sendiri adalah mereka yang menyediakan jasa dan menyalurkan tenaga kerja dengan keahlian tertentu kepada perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.

Berdasarkan Undang-Undang ketenagakerjaan, tenaga kerja  umumnya bekerja melalui dua sistem kontrak, yakni  Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT)  dan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT),   adapun karyawan alih daya umumnya akan menggumakan PKWT sebagai landasan hukum kontrak kerjanya. Perlu diketahui juga bahwa sistem pembayaran gaji para pekerja alih daya dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa itu sendiri (perusahaan alih daya).

Sinar Jernih Suksesindo
Source : Dokumentasi Pribadi

Meskipun banyak stigma miring perihal kehadiran perusahaan alih daya, namun nyatanya terdapat sejumlah dampak positif yang ditawarkan oleh perusahaan alih daya ini loh, baik untuk perusahaan pengguna layanan maupun karyawan alih daya itu sendiri.

Manfaat Layanan Alih Daya Bagi Perusahaan  Pengguna:

1. Meminimalisir Beban Biaya Rekrutmen Karyawan

Hal pertama yang menjadi keunggulan dari layanan alih daya ialah meminimalisir beban biaya rekrutmen karyawan. Seluruh proses rekrutmen pekerja alih daya dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa (perusahaan alih daya), sehingga perusahaan tidak perlu repot merekrut karyawan satu persatu karena perusahaan sudah bisa langsung mendapatkan pekerja terpilih dari perusahaan alih daya.

2. Menghemat Anggaran Pelatihan Pegawai

Berikutnya, selain menghemat beban biaya rekrutmen tentu layanan alih daya ini akan menghemat  biaya pelatihan pegawai. Biasanya perusahaan alih daya ini memberikan pelatihan tertentu di bidang tertentu kepada setiap karyawanya sesuai dengan kebutuhan dan  permintaan perusahaan pengguna, misalnya keahlian dalam membersihkan atau mengorganisir barang.

3. Perusahaan Dapat lebih Fokus Mengurusi Kegiatan Bisnis Perusahaan

Ketika menggunakan jasa pekerja alih daya, perusahaan tidak perlu khawatir lagi mengenai pekerjaan teknis sehari-hari yang tidak berhubungan langsung dengan pekerjaan utama perusahaan, hal ini dikarenkana segala pelaksanaan proses administrasi akan dikerjakan oleh perusahaan alih daya, dengan demikiam perusahaan  pengguna dapat lebih memprioritaskan kegiatan pada bisnis intinya saja. Kemudahan yang bisa didapatkan oleh perusahaan pengguna ini melputi sistem penggajian dan perpajakan karyawan, pendaftaran dan pelakasanaan proses asuransi BPJS, kepengurusan proses perekrutan dan kontrak kerja karyawan, dan hal–hal administrasi lainnya yang berhubungan dengan karyawan alih daya.

Manfaat Yang Didapatkan Oleh  Karyawan Alih daya

1.  Banyaknya Pilihan Pekerjaan

Biasanya  perusahaan alih daya dengan jam terbang tinggi telah  memiliki database pelanggan yang banyak dan tentunya memiliki banyak pilihan lowongan pekerjaan yang beragam sehingga para pencari kerja dapat lebih fleksibel dalam memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka.

2. Sistem Mentoring Dalam Pencarian Pekerjaan

Dengan bekerja pada perusahaan alih daya yang terpercaya, tenaga alih daya dapat melakukan konsultasi dengan tenaga perekrutan untuk mendapatkan pekerjaan yang paling sesuai dengan keahlian yang dimilikinya. Tenaga perekrutan pada perusahaan alih daya  juga dapat membantu karyawan untuk mendapatkan pekerjaan selanjutnya seandainya masa kontrak karyawan di perusahaan pengguna sudah berakhir.

3.  Karyawan Bisa Lebih Berkembang

Keuntungan lain yang ditawarkan perusahaan alih daya kepada para karyawanya ialah kesempatan untuk bisa lebih berkembang baik dalam karir maupun keahlian diri. Banyak perusahaan besar dan terkemuka yang membuka kesempatan bagi para tenaga kerja yang baru lulus menjadi tenaga kontrak terlebih dahulu sebelum nantinya diterima menjadi karyawan tetap. Dengan memulai karir sebagai tenaga alih daya di perusahaan-perusahaan tersebut, karyawan alih daya mendapatkan banyak pengetahuan baru untuk memulai karirnya di dunia kerja.

Selanjutnya kita perlu memahami ciri Perusahaan Alih Daya Yang Baik dan terpercaya, detailnya bisa perhatikan 6 poin berikut.

#1. Memiliki Perijinan Yang Lengkap. Perusahaan alih daya wajib memiliki ijin operasional  & NIB untuk dapat mengelola karyawan kontrak . Pastikan perusahaan memiliki kantor utama dan bahkan kantor cabang yang bersifat permanen.

#2. Tidak melakukan pemotongan gaji  dan pengurangan hak  pada karyawan. Perusahaan alih daya yang bauk biasanya tidak melakukan pemotongan hak-hak karyawannya . Karyawan Alih daya biasanya hanya melakukan potongan dari hal-hal yang menjadi kewajiban karyawan  sesuai dengan aturan dari pemerintah seperti pemotongan BPJS kesehatan dan tenaga kerja serta pajak karyawan.

#3. Memiliki banyak Pelanggan Terkemuka dari Beragam Industri. Banyaknya pelanggan terkemuka yang dimiliki biasanya menunjukkan kualitas  dan kredibilitas perusahaan alih daya tersebut. Coba cari tau lebih lanjut mengenai perusahaan-perusahaan pelanggan yang dimiliki sebelum mmelamar lebih jauh.

#4. Sistem Pengelolaan Tenaga Kerja Yang Transparan. Transparansi dalam pengelolalaan tenaga kerja merupakan hal penting bagi karyawan alih daya. Sistem komunikasi yang baik dengan karyawan yang dikelolanya juga sangat penting untuk mencegah adanya misinformasi. Perusahaan alih daya yang baik bahkan mau dan mampu menginvestasikan penggunaan tehnologi sehingga memudahkan bagi karyawan dan pelanggannya untuk mendapatkan data dan informasi yang transparan.

#5. Memiliki modal yang memadai. Perusahaan alih daya harus memiliki dana yang memadai untuk melakukan penggajian kepada karyawan kontrak yang dikelola nya. Hal ini dikarenakan perusahaan alih daya pada umumnya membayarkan semua penggajian dan fasilitas karyawan kontrak lainnya seperti BPjS dan pajak terlebih dahulu. Untuk itu pastikan kamu memilih perusahaan alih daya dengan kondisi pendanaan yang sehat dan stabil.

#6. Memiliki Infrastruktur dan Budaya Kerja Perusahaan. Ada baiknya untuk melakukan pengecekan web perusahaan terlebih dahulu guna memastikan kredibitas perusahaan alih daya tersebut. Perusahaan yang baik biasanya menjelaskan dengan jelas mengenai visi misi dan juga infrastruktur yang dimilikinya.

Berkaca pada sejumlah dampak positif tersebut, salah satu perusahaan alih daya terkemuka di Indonesia yaitu PT. Sinar Jernih Suksesindo telah menghadirkan inovasi terkini dalam memberikan layanan terbaik kepada setiap pelamar kerja dan para perusahaan pelangganya, yakni digitalisasi fasilitas & layanan dengan menciptakan aplikasi mobile phone. Untuk mempermudah proses rekrutmen, PT. SJS meeluncurkan aplikasi kerja+, sementara untuk mempermudah proses administrasi karyawanya, PT.  SJS menciptakan aplikasi SJS+. Kedua aplikasi tersebut dapat diunduh melalui platform PlayStore dan AppStore.

Sekilas tentang PT. Sinar Jernih Suksesindo

PT. Sinar Jernih Suksesindo yang merupakan bagian dari PT. National Energy Solution adalah perusahaan outsourcing terkemuka dengan sejumlah layanan unggulan seperti mengatur alur rekrutmen dan tes karyawan, transparansi sistem pengajian, hingga pembekalan materi training berkualitas kepada setiap karyawannya. Saat ini, ribuan karyawan SJS telah tersebar di sejumlah perusahaan besar di Indonesia dan akan terus bertambah setiap waktunya. Seperti yang sempat kita singgung sedikit di awal, PT. SJS telah meluncurkan aplikasi kerja+ dan SJS+. Aplikasi kerja+ menawarkan kemudahan kepada para pelamar kerja untuk mencari sendiri jenis pekerjaan yang sesuai kualifikasi mereka, setelah mendaftar para pelamar  akan melewati sejumlah tahap test yang dikemas secara profesional dan transparan seperti psikotes dan wawancara. Untuk lebih lanjut, kalian dapat mencoba aplikasi kerja+ yang dapat di unduh melalui PlayStore.

Sinar Jernih Suksesindo
Source : Dokumentasi Pribadi

UNDUH APLIKASI kerja+!

Nah, setelah pelamar dinyatakan lulus sebagai karyawan SJS, maka karyawan akan diarahkan untuk menggunakan aplikasi SJS+ untuk mempermudah aktivitas kerja sehari-hari. Sejumlah kemudahan yang ditawarkan aplikasi SJS+ seperti cek slip gaji online, cek kontrak PKWT online, absensi online, kepengurusan keadministrasian, cek fasilitas asuransi, dan lain sebagainya.

Sinar Jernih Suksesindo
Source : Dokumentasi Pribadi

UNDUH APLIKASI SJS+!

Digitalisasi layanan ini tentu menjadi terobosan yang baru bagi bisnis outsourcing di Indonesia untuk mempercepat dan memperbaiki sistem layanan agar lebih dipercaya oleh pelanggan.

10 Tahun Sinar Jernih Suksesindo!

Tepat pada bulan februari 2022 lalu, PT. Sinar Jernih Suksesindo genap berusia satu dekade atau 10 tahun, sebuah perjalanan panjang telah dilalui PT. Sinar Jernih Suksesindo dengan segala goncangan yang menerpa. Meskipun sempat mengalami kondisi pasang surut pasca pandemi, namun SJS tetap mampu bangkit dan memberikan kualitas layanan terbaik untuk setiap pelanggan dan para pencari kerja. Melalui pesan dari Chief Executive Officer SJS yakni Ibu Asteriska Devi Sugiri, di 2022 ini SJS Yakin akan mampu bersaing dan memberikan kontribusi terbaik dalam pasar bursa tenaga kerja nasional, dengan semangat kolaborasi, konsistensi, dan standarisasi dirasa tujuan-tujuan besar SJS dapat diwujudkan secara baik dan tepat sasaran.

Sinar Jernih Suksesindo
Source : Dokumentasi Pribadi

Untuk memeriahkan hari jadi SJS yang ke-10 ini, manajemen PT. Sinar Jernih Suksesindo pun mengadakan sejumlah kompetisi seru untuk dapat diikuti oleh seluruh pelanggan dan masyarakat umum seperti kompetisi futsal 10 tahun SJS, lomba Blog, dan lomba vlog reels Instagram. Periode lomba blog dan vlog sendiri berlangsung dari tanggal 23 februari – 23 maret 2022 dengan total hadiah jutaan rupiah, sementara kompetisi futsal akan dihelat pada 26 maret 2022 di Goedang Futsal arena Kalimalang, Jakarta Timur dengan total hadiah puluhan juta rupiah bagi pemenang. Selain untuk memeriahkan hari jadi SJS yang ke-10, diadakanya kompetisi-kompetisi tersebut tentunya sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antara SJS dan setiap karyawan, pelanggan, dan masyarakat umum. SJS pun menyadari bahwa, sukses besar yang diraih saat ini tak lepas dari dukungan berbagai elemen penting sepertihalnya karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas.

Harapan kedepanya semoga SJS dapat terus tumbuh dan berkembang sebagai salah satu perusahaan penyalur tenaga kerja terbaik, berkompeten, dan terpercaya karena tujuan utamanya ialah memberikan pekerjaan yang tepat dan layak bagi seluruh masyarakat Indonesia.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com