-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Kamu Lulusan Baru? Yuk Coba Cara-Cara Berikut Agar Cepat Dapat Kerja!

Tidak ada komentar

      Mencari dan memperoleh informasi terkait lowongan pekerjaan saat ini tidaklah sesulit masa dua dekade kebelakang, berbagai inovasi baru pun telah tersedia guna memfasilitasi para job hunter dalam berburu loker. Meskipun tergolong mudah, tentu tingkat persainganya pun juga terbilang ketat mengingat ada banyak sekali para lulusan baru yang tersedia di bursa kerja. Meskipun begitu, ada sejumlah cara yang dapat ditempuh oleh para pencari kerja terutama lulusan baru untuk memperoleh pekerjaan impian mereka. Yuk simak selengakpnya!

#1. Manfaatkan Situs Pencari Kerja

Situs Pencari Kerja

Hal pertama yang harus dicoba oleh para lulusan baru ini ialah memanfaatkan beragam platform mencari kerja baik yang berbasis website maupun aplikasi smartphone. Saat ini ada banyak sekali aplikasi pencari kerja yang tersebar ditengah-tengah job hunter seperti linkedin, jobstreet, glints, hingga yang terbaru saat ini aplikasi kerja+. Tentu setiap aplikasi ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda namun tetap mudah dipahami.

#2. Melalui Perusahaan Outsourcing 

Outsource

Nah, cara andalan lain yang bisa ditempuh ialah mendaftar pekerjaan melalui perusahaan outsourcing (pengalihdayaan). Perusahaan outsourcing biasanya memiliki beragam lowongan kerja baik professional maupun harian, sehingga para pelamar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kerja yang mereka harapkan. Salah satu contoh perusahaan outsourcing yang cukup dikenal luas di kalangan masyarakat Indonesia ialah PT. Sinar Jernih Suksesindo, diketahui pula jika perusahaan ini telah menerapkan  sistem digitalisasi pada setiap layananya sehingga proses perekrutan berlangsung lebih cepat dan mudah.

#3. Manfaatkan Jejaring atau Kenalan

Networking

Istilah orang dalam tentu akrab ditelinga sebagian besar para pencari kerja, namun ternyata “the power of orang dalam”  ini benar-benar dapat membantu para lulusan baru dalam memperoleh pekerjaan loh. Mari kesampingkan dulu konotasi negatif orang dalam, selagi lulusan baru ini mampu, layak, dan sesuai kualifikasi pekerjaan yang ditawarkan maka tak ada salahnya perusahaan untuk mempekerjakan mereka. Faktanya, semakin banyak orang dalam dan kenalan yang kamu miliki, menandakan bahwa kamu adalah orang yang aktif dalam bersosialisasi serta membangun jejaring sosial.

#4. Aktif Di Sosial Media

Social Media

Hidup di era serba digital seperti saat ini tentu memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas apapun terutama dalam menggali informasi-informasi terbaru. Nah dalam hal ini, setiap lulusan baru dituntut untuk aktif di sosial media terutama dalam urusan mencari lowongan pekerjaan, manfaatkan segala akses kemudahan media yang telah kita miliki saat ini.

#5. Ikut Pameran Kerja/Jobfair

Jobfair

Cara terakhir yang bisa dicoba ialah aktif mengikuti berbagai acara pameran kerja (jobfair). Biasanya akan ada banyak perusahaan besar yang membuka stand lamaran pekerjaan selama periode jobfair berlangsung, beruntung bila kamu dapat melamar langsung dan interview kerja ditempat. Disisi lain, pameran kerja ini tak hanya berlangsung secara offline namun banyak juga yang dilakukan secara online.

      Jadi itulah kiat-kiat jitu yang dapat dicoba oleh para lulusan baru dalam upayanya memperoleh pekerjaan impian. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com