-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Inilah Daftar Negara Asia Tenggara yang Sudah Dapat Dikunjungi Turis Asing Tanpa Harus Karantina!

Tidak ada komentar

       Pasca dua tahun pandemi berlalu, beberapa negara yang mulanya menutup diri dari kedatangan tamu internasional guna mengurangi angka penyebaran virus berangsur-angsur mulai kembali membuka gerbang utamanya. Hal ini dilakukan karena situasi pandemi sedikit-demi sedikit sudah dapat dikendalikan, tujuan dibukanya kembali border beberapa negara ini tentu untuk menghidupkan kembali gairah industri pariwsata, bisnis, dan mobilitas masyarakat dunia. Meskipun belum semua negara yang telah membuka diri, namun inilah daftar 6 negara yang sudah bisa dikunjungi turis internasional tanpa harus karantina.

1. Thailand

Thailand
Source : unplash.com

Negara Thailand sudah mulai kembali membuka gerbangnya untuk para wisatawan mancanegara setelah pandemi Covid 19 mulai membaik. Untuk masuk ke wilayah Thailand tanpa harus karantina, para pengunjung akan melalui skema kedatangan Test & Go. Namun, skema tersebut hanya ditujukan bagi negara tertentu termasuk Indonesia. Nah, pendaftaran skema bebas karantina Test & Go melalui situs Thailand Pass Registration System dapat dilakukan sejak 1 Februari 2022, minimal tujuh hari sebelum keberangkatan. Sementra syarat lain adalah, wisatawan wajib mendapatkan vaksinasi penuh minimal 14 hari sebelum kedatangan agar dapat masuk ke Thailand menggunakan skema ini.

2. Filipina

Filipina
Source : unplash.com

Sebagai salah satu negara kawasan Asia Tenggara Filipina juga telah membuka diri untuk tamu mancanegara terhitung sejak tanggal 10 februari 2022. Saat ini wisatawan asing tidak lagi wajib menjalani karantina jika akan memasuki wilayag Filipina. Namun, mereka wajib telah menerima dosis vaksinasi Covid-19 secara penuh serta memiliki hasil tes negatif Covid-19 sebelum kedatangan.

3. Vietnam

Vietnam
Source : wall.alphacoders.com

Negara paman Ho yakni Vietnam juka telah membuka perbatasan wilayahnya untuk dikunjungi para tamu asing loh. Gerbang negara Vietnam ini telah dibuka sejak tanggal 15 maret 2022 bagi mereka yang telah memperoleh hasil negatif covid 19 dan telah menerima dosis vaksin lengkap.

4. Singapura

singapura
Source : wallpaperbetter.com

Singapura juga telah membuka bordernya untuk tamu internasional terhitung sejak 21 Februari 2022, turis Jalur Perjalanan Vaksinasi (VTL) dari berbagai negara termasuk Indonesia bebas dari karantina dan hanya wajib melakukan tes antigen mandiri di bawah pengawasan otoritas Singapura. Sekedar informasi, VTL merupakan jalur khusus wisata dari satu negara ke negara yang lainnya. Untuk VTL Singapura, turis diperbolehkan masuk ke negara ini tanpa perlu karantina, dengan syarat telah divaksinasi dosis penuh. Sebagai catatan, VTP ke Singapura harus diajukan 3-60 hari sebelum tanggal keberangkatan. Sedangkan untuk masa berlakunya adalah 13 hari dari tanggal memasuki Singapura.

5. Kamboja

Kamboja
Source : getlost.id

Negara Kamboja juga telah membuka perbatasanya untuk dikunjungi turis asing sejak tanggal 15 November 2021 lalu, Pemerintah Kamboja telah membebaskan kewajiban karantina bagi seluruh wisatawan yang telah mendapatkan dosis vaksin Covid-19 secara penuh serta telah melakukn tes antigen dengan hasil negatif. Namun, untuk pengunjung yang belum bervaksin Covid-19 masih harus menjalani karantina selama 14 hari.

6. Malaysia

Malaysia
Source : unplash.com

Terakhir adalah negara tetangga Indonesia yakni Malaysia yang telah membuka pintu utamanya untuk turis asing. Perbatasan negara Malaysia ini sudah mulai dibuka sejak 1 maret 2022 lalu dengan catatan pengunjung harus telah mendapatkan dosis vaksin covid 19 lengkap serta mengunduh aplikasi kesehatan MySejahtera milik pemerintah kerajaan Malaysia.

       Jadi, itulah 6 negara Asia Tenggara yang telah membuka gerban utamanya untuk pengunjung mancanegara, gimana sudah siap melancong lagi? Yuk gas, gas, gas!

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com