-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Fakta Sealand, Bekas Benteng Pertahanan Inggris yang Dibobatkan Sebagai Negara Terkecil di Dunia!

Tidak ada komentar

Halo sobat NinJa, jika kalian berfikir bahwa Vatikan adalah negara terkecil di dunia, maka tahan dulu persepsi tersebut. Faktanya, negara terkecil di dunia saat ini bernama Sealand, sebuah bekas benteng pertahanan Inggris beberapa dekade silam. Meskipun terlihat tak seperti sebuah negara pada umumnya, namun bangunan yang menyerupai kilang minyak ini benar mendeklarasikan statusnya sebagai sebuah negara. Nah penasaran kan? Berikut beberapa fakta terkait Sealand.

#1. Berdiri diatas bekas benteng bernama Fourt Roughs

Sealand
Source : wallpapercave.com

Fort Roughs merupakan salah satu dari beberapa bekas benteng pertahanan Inggris yang dibangun selama masa Perang Dunia Kedua. Pada awal tahun 1950-an benteng yang didirikan di perairan internasional tersebut mulai ditinggalkan pasukan Inggris karena ditenggarai dibangun secara ilegal.

#2. Dibentuk oleh seorang mantan Mayor Inggris

Sealand
Source : nytimes.com

Bermula pada tahun 1960, Roy Bates seorang Mayor Inggris kala itu mendirikan stasiun radio di benteng Knock John sebagai bentuk berontak atas perlakuan media BBC yang membatasi penyiaran di beberapa wilayah Inggris. Roy Bates diancam pemerintah Inggris atas status legalitasnya di benteng Knock John yang menyebabkan Roy meninggalkan benteng tersebut. Di akhir tahun 1966, Roy mencari benteng pengganti dan menempati benteng Fort Roughs sebagai tempat penyiaran stasiun radionya. Akhirnya pada 2 September 1967, Roy memutuskan mendirikan negaranya sendiri di atas benteng Fort Roughs.

#3. Memiliki Identitas negara

Sealand
Source : commons.wikimedia.org/ElSaro92

Faktanya, Sealand ini juga memiliki mata uang, prangko, paspor, bendera kebangsaan, lagu kebangsaan, hingga pemerintahannya sendiri loh. Sementara pendapatan Sealand sendiri diperoleh melalui penjualan souvenir, mug, kaos, prangko, bahkan gelar kebangsawanan yang diperjualbelikan.

#4. Tidak diakui dunia internasional

Sealand
Source : dailysabah.com

Sealand terakhir kali dihuni oleh Pangeran Roy beserta keluarganya. Namun, diberitakan sejak tahun 1999 keluarga Roy tidak lagi menempati Sealand dan mulai kembali menetap di tanah Inggris. Penyebabnya tentu karena status Sealand dalam dunia internasional yang tidak diakui sebagai negara berdaulat atau resmi.

Jadi, itulah sejumlah fakta dari negara Sealand, sebuah negara unik dan terkecil di dunia. Gimana apakah sobat NinJa tertarik berkunjung kesana?

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com