-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Fakta Provinsi Aceh yang Wajib Kamu Ketahui!

Tidak ada komentar

Sebagai salah satu provinsi paling barat di Indonesia, Nanggroe Aceh Darussalam menjadi salah satu provinsi yang unik dan istimewa untuk Republik Indonesia. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Aceh yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Geografis dan Astronomis

gunung leuser aceh
Source : republika.co.id

Secara geografis Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) terletak pada 20 – 60 LU dan 950 – 980 BT. Berbatasan (laut) dengan India, Myanmar, Thailand, dan Malaysia. Di sebelah Timur, Provinsi NAD berbatasan dengan laut dan darat dengan Provinsi Sumatera Utara. Luas wilayah Provinsi NAD adalah 57.365,57 km2. Provinsi NAD secara administratif terdiri dari 18 Kabupaten dan 5 Kota, 228 Kecamatan, 629 Mukim, 5947 Kelurahan/Desa dengan jumlah penduduk sebanyak 4.163.250 jiwa.

#2. Provinisi Aceh Menerapkan Syariat Islam

masjid baiturrahman aceh
Source : scmedia.id

Selanjutnya Aceh merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang menegakan hukum syariat Islam. Jadi, budaya dan pengaruh agama Islam sangat kental di provinsi berjuluk Serambi Mekah ini.

BACA JUGA!

#3. Provinisi Aceh Penah Berganti Nama Sebanyak 3 Kali

Pulau Sabang
Source : atjehwatch.com

Ternyata Provinisi Aceh pernah 3 kali melakukan pergantian nama, dari tahun 1511 sampai 1959 Provinisi Aceh dikenal dengan nama Aceh Darussalam, selanjutnya Daerah ini berubah lagi menjadi Daerah Istimewa Aceh (1959 sampai tahun 2001), dan kemudian Nanggroë Aceh Darussalam (2001 sampai tahun 2009), dan terakhir menjadi Aceh yang dimulai pada tahun 2009 sampai dengan sekarang

#4. Suku Bangsa

Suku Bangsa
Source : indephedia.com

Aceh juga dihuni oleh berbagai suku bangsa, mulai dari suku Aceh, Gayo, Aneuk Jamee, Kluet, Tamiang, Singkil, Pakpak, Haloban, Alas, Devayan, Sigulai, lekon, dan Nias. Sementara dari sisi adat,Aceh dikenal juga dengan tarian Saman serta rumoh adat Aceh.

#5. Produsen Kopi Terbaik

kopi gayo aceh
Source : dialeksis.com

Aceh juga dikenal memiliki sejumlah kopi bercita rasa yang khas seperti kopi Gayo dan kopi Ulee Kareng. Bagi wisatawan yang berkunjung ke sini bisa menemukan ribuan warung kopi di berbagai tempat dari kota besar hingga di pedesaan.

#6. Museum Tsunami Pertama di Dunia

museum tsunami aceh
Source : bogor.urbanjabar.com

Aceh pernah dilanda tragedi besar yang menyedihkan yakni gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004 silam. Untuk mengenang peristiwa pilu tersebut, dibangunlah Museum Tsunami sebagai peringatan untuk mengenang tragedi bencana tersebut. Museum Tsunami ini menjadi satu-satunya museum dengan tema tsunami di dunia.

Jadi, gimana seru kan keliling Aceh. Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com