Kenapa Seorang Pengusaha Open Trip Butuh Laptop yang Smart dan Reliable!

Berawal dari hobi jalan-jalan ehh berujung niat untuk ngajak banyak orang jalan-jalan, dan inilah salah satu cikal bakal pemikiran aku untuk coba buka usaha open trip wisata. Bahkan seorang kawan jalanku pernah berkata.

ninggalinjejak
Olah Data Pribadi

Nah, selain dari dorongan diri sendiri untuk memulai bisnis baru, tentu ada dorongan moral dari sejawat yang biasanya sering nemenin aku jalan-jalan. Singkat cerita, di tahun 2022 ini aku mulai riset mencari partnership dan membuka usaha open trip sendiri. Yah, semoga pasca pandemi ini, industri pariwisata kembali mengeliat agar cuanku turut bertumbuh dan bisa jalan-jalan bareng kalian semua hehe.

Olah Data Pribadi

Bermodalkan keyakinan, portofolio backpacer ke sejumlah titik di Indonesia, serta seperangkat device kuno seperti Laptop ASUS Core i3 yang ku beli 2016 lalu untuk kuliah dan Android kentang, aku pun memulai usahaku. Bismillah dan simsalabim, akhirnya aku bisa melabeli diri sebagais seorang pengusaha muda ya meskipun belum meraup hasil apa-apa, namun aku ingat satu kalimat dosen marketing komunikasiku dahulu yaitu “ kalian itu harus percaya proses”, so, okay mam I’ll follow the process. Lantas sebagai seorang pebisnis open trip yang kemungkinan akan menjadi nomaden karena harus selalu mengikuti perjalanan klienya namun tetap harus aware dengan orderan selanjutnya, hal apa yang benar-benar aku persiapkan agar tidak sekarat di tengah jalan? Ya selain faktor internal dalam diri, tentu faktor pendukung lain seperti device yang mumpuni sangat wajib aku penuhi salah satunya laptop. Kenapa laptop sih kan bisa HP? Berbeda ya, di laptop aku bisa dengan leluasa merekap semua keuntungan dan kerugian bisnis, membuat strategi pemasaran jauh lebih nyaman, serta menyimpan hasil dokumentasi perjalanan menjadi lebih rapih.

Lantas laptop seperti apa yang aku butuhkan saat ini?

Saat ini ada banyak laptop canggih multifungsi yang beredar dipasaran, namun yang pasti laptop bisnis dengan spesifikasi nomor satulah yang aku butuhkan saat ini. Akhirnya, setelah scroll sana-sini, akhirnya hatiku tertaut dengan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Sedikit spill sebelum kita bahas lebih jauh.

Asus.com

Laptop Bisnis ASUSExpertBook B7 Flip (B7402) ini sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Dan inilah mengapa aku selalu percaya ASUS dalam urusan perlaptopan yak arena selalu ada inovasi yang dihadirkan dalam setiap produknya, baik pembaharuan kualitas teknologinya maupun aspek desain produknya. Dan berikut sejumlah keunggulan laptop binsin ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) dibanding pesaingnya.

Cari Koneksi Laptop Tercepat, ExpertBook B7 Flip Solusinya!

Jika jaringan 4G saja sudah dirasa cepat, apa akabar dengan konektivitas 5G. Wow, gak kebayang betapa sat-set-sat nya pekerjaanku ketika bisa terkoneksi dengan jaringan 5G. Salah satu keistimewaan ExpertBook B7 Flip ini tentu telah terintegrasi sistem konektivitas 5G. Bagi seorang pengusaha open trip yang kadang berada di gunung, ataupun di tengah laut tentu jaringan internet yang cepat ini benar-benar membantu. 

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
Asus.com

Konektivitas 5G pada ASUS ExpertBook B7 Flip ini memungkinkan pengguna untuk mengesampingkan pemakaian wifi public karena dapat dihubungkan dengan kartu SIM seluler pada umumnya sehingga kemanan jaringan pada laptop pun dapat lebih terjamin. Selain itu, ExpertBook B7 Flip juga telah menyertakan fitur Wifi 6 yang terkemas dalam ASUS Wifi Master Premium. Sementara untuk menghubungkan laptopmu dengan perangkat lainya seperti smartphone, tentu laptop ini telah dilengkapi fitur Bluetooth® 5.2 terbaru. Jadi ga takut sinyal lelet deh!

Produktivitas Tinggi Untuk Untung Bisnis yang Lebih Tinggi

Dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru serta Intel® Iris® Xᵉ graphics membuat produktivitas kerja user semakin meningkat. Untuk menghindari kondisi panas pada perangkat, laptop ini telah dilengkapi Advanced Hybrid Cooling System (AHCS) sehingga laptop akan selalu dalam keadaan cooling serta performanya pun dapat meningkat hingga 55%.

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
Asus.com

Tak hanya itu, RAM DDR4 denngan kapasitas hingga 16GB serta penyimpanan PCIe SSD 1TB yang tersemat didalamnya akan menjanjikan performa yang lebih gesit. Untuk urusan ketahanan batrai, aku juga ga perlu khawatir karena laptop ini dibekali baterai berkapasitas besar dengan daya tahan sampai 12 jam. Spesifikasi prosesor dan memori ini akan mendukung efektifitasku dalam berbisnis, terutama ketika aku harus membuat sejumlah desain flyer dan konten sosial media pada software desain grafis yang notabene berat. Inilah yang disebut laptop bisnis multifungsi, aku bisa mengerjakan berbagai kebutuhan grafis darimana saja dan kapan saja tanpa harus takut laptop ngehang.

Cocok untuk segala lini bisnis!

ASUS ExpertBookB7 Flip hadir dengan desain yang luwes, elegan, dan anti-mainstream karena dilengkapi oleh kemampuan Flip’s hingga 360o. Untuk ukuran bodinya, laptop ini terbilang tipis dan ringkas, serta memiliki bobot yang ringan sehingga memungkinkan pengguna untuk menentengnya kemanapun dan didalam jenis tas apapun tanpa harus takut patah. 


ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
Asus.com

Rasio layar 16:10 pada laptop ini pun lebih menjanjikan ketimbang rasio laptop pada umumnya yakni 16:9. Layar sentuhnya pun juga sangat nyaman diusap karena telah dilindungi kaca Corning® yang kokoh. Ohiya, laptop ini juga mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810H). Nah, Dengan display dan durabilitas yang keren ini membuat ASUS ExpertBook B7 Flip dapat diperuntukan di segala linsisn bisnismu baik di corporate, pemertintahan, public sector, maupun bisnis pribadi.

 

Fitur lain yang tak kalah mengagumkan….!

 

Tak seperti kebanyakan laptop, ASUS ExpertBook B7 Flip dilengkapi fitur lampu indikator status pengguna. Sebagai contoh ketika lampu indikator pada bagian depan berwarna merah, hal ini bisa mengindikasikan bahwa pengguna tengah dalam kondisi yang sibuk dalam bekerja. Wow keren ya!.


ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
Asus.com

Keyboard pada laptop ini juga dikenal tangguh dan tahan air loh, papan ketiknya ini mampu menahan 78 cc cairan tanpa membahayan pengguna serta mudah untuk dikeringkan. Sementara Engsel ErgoLift yang terpasang akan memberikan kemananan kepada pengguna ketika harus menyesuaikan kemiringan laptop guna menjamin kenyamanan dalam mengetik. Untuk output pada Audionya pun terbilang jernih karena telah dilengkapi dua speaker bersertifikat Harman Kardon pada bagian bawahnya. Disamping itu fitur teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling yang terpasang akan membuat berbagai suara bising pengguna dan lawan bicara dapat dihilangkan secara real-time sehingga pekerjaanmu akan tetap berada dalam situasi yang fokus terutama dalam aktivitas online video conference.


ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
Asus.com

Laptop ini juga dilengkapi oleh banyak slot I/O connectivity yang dapat diperuntuhkan bagi berbagai keperluan seperti slot nano-SIM serta dua port Thunderbolt™ 4 USB-C®, yang mendukung kecepatan transfer data sampai 40 Gbps.

Kamu ingin mulai bisnis, Gimana sih awalnya?

Pertanyaan ini sebenarnya klise, bahkan jawabanya pun dapat ditemukan di berbagai platform media baik sosial media maupun mbah google. Nah, sebagai seorang pemula juga nih, aku ingin turut berbagi tips dan wejangan saja sebelum kamu mulai membuka usaha. Yuk, cekidot!

#1. Do business trend research

Semakin berkembangnya zaman tentu akan membuat suatu trend turut berkembang pula, tak terkecuali dunia usaha. Didukung pula dengan kemajuan teknologi saat ini berbagai jenis bisnis baru bermunculan di pasaran. Nah, untuk kamu yang masih bingung mau jualan apa, yuk mulai lakukan riset trend bisnis. Kamu bisa melakukan riset bisnis ini mulai dari media sosial, misal saat ini di masyarakat tengah trend berbagai makanan unik, so kamu bisa loh coba untuk cari ide bisnis di dunia kuliner.Yang terpenting adalah, tau mau menjual apa!

#2. Do market research

Setelah mengetahui jenis produk apa yang akan dipasarkan, barulah kamu mulai untuk melakukan riset selanjutnya yaitu market research. Riset target pasar ini perlu guna memahami dari kalangan mana saja yang akan membutuhkan produk yang akan kamu jual, misal kalo kamu akan menjual produk kecantikan tentu saja target pasar yang mungkin banyak membutuhkan produkmu ialah kalangan wanita.Nah, riset target pasar ini juga bisa kamu lakukan melalui sosial media ya atau beberapa tools market research yang ada di google. Semangat ya!

#3. Do without capital

Salah satu hambatan terbesar calon pengusaha ialah “Gak Ada Modal”, padahal gak semua usaha itu membutuhkan modal loh!. Ada banyak usaha yang tak harus mengeluarkan modal uang, misal kamu bisa memulai dengan menjadi dropshipper di market place, dalam artian kamu menjual barang orang lain dengan harga yang kamu tentukan sendiri. Misal harga komputer A adalah Rp. 4.000.000, nah kamu dapat menjual kembali komputer A tersebut dengan harga Rp.4.500.000 di market place mu sendiri. Intinya mulailah berinovasi ya!

#4. Do Digital Marketing

Inilah ajaibnya zaman sekarang, proses bisnis dan berniaga tak serumit dahulu yang mana aktivitas sales banyak dilakukan secara door-to-door. Nah, saat ini berkat kemajuan teknologi kamu bisa melakukan aktivitas promosi bisnis melalui media sosial tanpa harus mengeluarkan banyak energi untuk berjalan kesana kemari. Dengan melakukan digital marketing, kamu dapat menjangkau target pasar jauh lebih luas tanpa adanya sekat-sekat. Namun, tak menutup kemungkinan bila aktivitas pemasaran konvesional ini masih dibutuhkan guna memperoleh feedback langsung dari calon konsumen.

#5. Do Right Promotion!

Sebagai seorang pebisnis pemula, taka da salahnya untuk kamu memberikan promosi atau penawaran khusus kepada calon konsumen. Namun, berikanlah promosi yang wajar yah jangan sampai merugikan bisnismu sendiri. Dalam memberikan diskon, pastikan kamu mengecek harga kompetitor dan memberikan timeline promosi.

#6. Do with Device!

Step terakhir yang perlu kamu persiapkan dalam berbisnis ialah dukungan perangkat binsis semacam smartphone dan smart laptop. Khusus laptop, seperti yang kita singgung diawal kamu dapat memanfaatkan laptop binsis kenamaan dari ASUS yaitu ASUS ExpertBook B7 Flip, untuk seberapa canggihnya laptop ini silahkan dibaca kembali ulasan di atas ya. Laptop bisnis diperlukan guna mempermudah urusan pekerjaanmu seperti desain flyer, merapihkan administrasi bisnis, video meeting bersama klien, dan lain sebagainya.

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)
Asus.com

Wahh, keren ya pembahasan kita kali ini. Jadi selain memberikan alasan mengapa seorang pebisnis Open Trip seperti aku ini butuh banget laptop bisnis ASUS ExpertBook B7 Flip, aku juga memberikan sedikit wejangan bisnis untuk kamu yang baru akan mulai berbisnis. Semangat ya!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama