-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Cara ke Situ Gunung Sukabumi, Tempat Healing Terbaik Pilihan Warga Jabodetabek!

Tidak ada komentar

Sudah tidak diragukan lagi bila Propinsi Jawa Barat banyak menyimpan sejumlah hidden gem tourism yang menawan dan kece, salah satu wilayah penyumbang destinasi wisata kelas premium di Jawa Barat ialah Sukabumi. Banyak spot wisata mempesona yang dapat ditemui di Sukabumi missal Geopark Ciletuh, Pantai Ujung Genteng, Kawasan Gunung Padang, hingga kawasan Situ Gunung. Nah, untuk point yang terakhir akan lebih banyak dibahas dalam artikel kali ini. Jangan skip ya! Hehe!

Apa itu Situ Gunung?

Berada diketinggian sekitar 850 Mdpl tentunya membuat SituGunung menjadi kawasan wisata dataran tinggi yang cukup fenomenal dikalangan adventurer saat ini, dapat dibilang wisata Situ Gunung ini ialah paket lengkap. Sejumlah atraksi wisata pun ditawarkan misal Jembatan Gantung Purba yang diyakini merupakan jembatan gantung terpanjang se-Asia Tenggara, ada juga Curug Sawer, Curug Purba, Danau Situ Gunung, jembatan gantung merah, dan wahana Flying Fox. Karena lokasinya yang mudah dijangkau ini tak ayal membuat Situ Gunung menjadi salah satu spot wisata favorit bagi warga ibukota Jakarta dan sekitarnya untuk healing sejenak dari hiruk-pikuk pekerjaan yang bikin ruwet.

Baca juga :

Bagaimana Cara ke Situ Gunung?

Untuk menuju Situ Gunung dari Jakarta, kamu cukup naik KRL menuju Stasiun Bogor lalu lanjut menggunakan KA Jarak Jauh Pangrango rute Stasiun Bogor – Stasiun Cisaat Sukabumi dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Lalu, dari stasiun Cisaat kamu bias langsung order Grab Car / Go Car menuju kawasan Situ Gunung atau kamu juga bias nego angkot yang ada di depan stasiun. Berikut untuk estimasi biaya transportasi PP nya ya.

Situ Gunung
Jembatan Purba

  • KRL ke Stasiun Bogor : Rp. 8.000 (PP)
  • KA Pangrango Bogor – Cisaat (Pesan Via KAI / Traveloka) : Rp. 90.000 (PP)
  • St. Cisaat – Situ Gunung via Taksi Online : Rp. 50.000

TOTAL : Rp. 148.000

Sudah sampai Situ Gunung, Harus Apa?

Nah, jika sudah sampai Situ Gunung kamu harus bayar biaya retribusi wisatawan di gerbang awal lalu kamu akan langsung diarahkan untuk menuju loket pemesanan paket wisata yang ada. Menariknya paket wisata yang ditawarkan oleh pihak pengelola Situ Gunung ini bervariasi mulai dari paket lengkap jelajah purba yakni Rp. 300.000, Paket Jalur Hijau Rp. 100.000, dan Paket Biasa yaitu Rp. 50.000. Pada perjalanan kali ini saya memilih paket Jalur Hijau saja mengingat keterbatasan waktu untuk mengejar jadwal kereta pulang ke Jakarta.

Jalur hijau ini pun gak kaleng-kaleng kok karena kamu berkesempatan menjelajah Jembatan Gantung Purba, Jembatan Merah, Curug Sawer, Keranjang Sultan, dan lainnya. Bagi kamu yang ingin coba naik Flying Fox maka kamu harus membayar Rp. 150.000 lagi ya, tapi dalam kesempatan trip kali ini saya skip part Flying Fox, lumayan mehong ya hehe. Oiya paket wisata ini sudah termasuk fasilitas welcome drink dan ojek kawasan ya. Oiya, untuk fasilitas wisatawan pun terbilang lengkap disini mulai dari toilet, masjid, kawasan belanja oleh-oleh, hingga warung makan.

Curug Sawer
Curug Sawer

Setelah puas menjelajah Situ Gunung, saya pun memutuskan pulang. Dan untuk pulang dari Situ Gunung ke Stasiun Cisaat saya memutuskan untuk naik angkot saja dengan tariff Rp. 25.000, kenapa angkot? Karena sulit menemukan driver taksi online yang ngetem dikawasan ini guys.

Jadi total biaya yang dikeluarkan untuk Backpacker One Day Trip Situ Gunung adalah Rp. 273.000

Jadi gimana? Sangat terjangkau bukan. Jadi kapan nih ke Situ Gunung? Dari Ninggalin Jejak kita kasih 8,5 untuk wisata ini.

Artikel ini dapat dibaca pada laman Kumparan mrioaldino

mrioaldino

Komentar





banner