-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Bosan ke Kuala Lumpur, Cobain ke Ipoh Surga Tersembunyi di Malaysia!

Tidak ada komentar

ninggalinjejak.com - kamu sedang liburan ke Malaysia, tapi ingin mencari suasana kota yang tenang tanpa gemuruh aktivitas manusia yang masif maka datanglah ke Ipoh. Secara administrative, Kota Ipoh ialah ibukota negara bagian Perak Malaysia, 208 Km dari pusat Kota Kuala Lumpur kamu dapat mengunjungi Ipoh dengan berbagai moda transportasi umum seperti Bus Antar Bangsa ataupun KTM rute Kuala Lumpur-Ipoh.

Nah, beberapa minggu lalu saya berkesempatan menjelajah Ipoh setelah puas menikmati wisata perkotaan Kuala Lumpur. Perjalanan ke Ipoh ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam menggunakan Kereta KTM Intercity yang saya pesan melalui website ktmb.com.my dengan harga 40 RM, dibanding dengan menggunakan bus, perjalanan menggunakan kereta jauh lebih nyaman dan tanpa hambatan meskipun untuk harga bisa sedikit lebih mahal ketimbang bus. Setelah sampai di Ipoh pada malam hari, saya langsung memutuskan naik Grab menuju hotel yang sudah saya pesan melalui aplikasi online, harga hotel permalam ialah 30RM. Oiya untuk transportasi selama di Ipoh saya mengandalkan Grab ya mengingat cukup sulit mencari alternatif transportasi publik disini.

Selama di Ipoh, inilah tempat-tempat wisata yang saya kunjungi. Kalian harus coba!

1. Kellie’s Castle

Pada pagi keesokan harinya, saya langsung tancap gas menuju ke Kellie’s Castle salah satu wisata paling bersejarah di Ipoh. Naik Grab sekitar 12 RM saya tiba di tempat ini sekitar pukul 09:30 pagi, sebelum masuk saya harus membeli tiket terkebih dahulu dengan harga 10RM untuk wisatawan asing. Selama di castle ini, saya benar-benar dibuat takjub dengan arsitektur bangunan kuno yang megah ini, bahkan vibes nya pun tak menggambarkan kalau saya sedang berada di Asia Tenggara melainkan di Eropa.

Kellie's Castle

FYI, castle ini pertama kali dibangung pada awal abad ke-20 oleh pekebun asal Skotlandia bernama William-Kellie Smith, namun nyatanya pembangunan Castle ini tidak selesai seutuhnya setelah kematian Smith. Tempat ini dibuka untuk pengunjung setiap hari dari pukul 09:30 pagi – 17:30 sore.

2. Tasik Cermin

Beralih dari Kellie’s Castle, saya naik Grab dengan tarif sekitar 15 RM menuju wisata lembah Tasik Cermin yang mempesona. Bagi kamu yang ingin merasakan sensasi bertualang ala Jurasic Park di Ipoh maka Tasik Cermin adalah pilihan yang tepat.

Tasik Cermin

Biaya masuknya hanya 10 RM untuk wisatawan asing, bahkan jika kamu ingin merasakan pengalaman berkeliling danau yang luas kamu bias banget untuk ikut tour boat dengan harga 25 RM/orang. Asli gak nyesal sih kesini karena seseru itu.

3. Kek Lok Tong Temple

Nah, tak jauh dari Tasik Cermin saya berkunjung ke Kek Lok Tong Temple dengan menumpang Grab seharga 6 RM saja.

Kek Lok Tong

Ditempat ini lagi-lagi saya dipertontonkan dengan landscape tebing-tebing Ipoh yang mempesona, bahkan berkunjung kesini gratis atau tak ada biaya masuk sama sekali. Namun, pengunjung harus tetap berpakaian sopan ya mengingat ini adalah temple.

4. Makan Nasi Ganjah & Beancurd BigMom

Setelah lelah berjalan kesana-kemari, akhirnya saya memutuskan kembali ke pusat kota Ipoh dengan tarif Grab 5 RM untuk menuju ke rumah makan Nasi Ganjah Yong Suan yang terkenal. Disini saya melahap hidangan Nasi Ganjah dengan suguhan minuman Teh Tarik yang segar, bahkan harganya pun cukup murah yakni 9 RM saja dengan porsi yang banyak.

Big Mom

Setelah kenyang dengan Nasi Ganjah, jalan kaki melewati beberapa ruko saya pun mencoba dessert berupa beancurd (kembang tahu) Big Mom yang terkenal, harganya pun relative murah yakni mulai dari 3 RM saja. Jadi, kalau ke Ipoh wajib banget coba makan Nasi Ganjah dan Beancurd.

5. Taman Rekreasi Gunung Lang

Setelah kenyang, petualangan berlanjut menuju taman rekreasi Gunung Lang yang eksotis. Naik Grab sekitar 6 RM dari pusat kota saya bias menikmati keindahan alam Ipoh yang mempesona, bahkan biaya masuk wisata ini sangat murah yakni 3 RM dan sudah termasuk antar jemput kapal menyebrangi danau Gunung Lang. Oiya, disini banyak banget monyet tapi tenang gak nakal kok monyet-monyet disini. Gunung Lang cocok banget untuk kamu yang ingin mencari ketenangan dan merileksasi pikiran.

6. Birch Memorial Click Tower

Sudah mulai sore, saya memutuskan kembali ke pusat kota dengan Grab bertarif 6 RM untuk menyambangi landmark paling ikonik se-Ipoh yaitu Birch Memorial Click Tower. Ini adalah bangunan jam tua yang sudah ada sejak tahun 1909, jadi kalau ke Ipoh kamu wajib banget berfoto di depan landmark ini ya.

7. Concubine Lane

Terakhir kamu bisa berburu souvenir dan street food ipoh di kawasan Concubine Lane yang terletak tak jauh dari Birch Memorial Click Tower, cukup jalan kaki saja. Sepanjang jalan ini ini pun saya benar-benar melihat potret keunikan kota Ipoh dimana banyak sekali mural-mural estetik yang tergambar.

Jadi, tertarik berlibur ke Ipoh? Yuk rencanakan sekarang juga. Berikut estimasi pengeluaran saya selama satu hari di Ipoh.

• Transportasi Grab : 45 RM
  • Sewa Boat di Tasik Cermin : 25 RM
  • Makan : 17 RM
  • Tiket Masuk Wisata : 23 RM
  • Hotel : 30 RM

TOTAL : 140 RM (dalam kurs rupiah IDR. 458K)

Artikel ini juga dapat dibaca pada laman Kumparan mrioaldino atau tonton video berikut