-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Dikenal Sebagai Tempat Berobat, Inilah Pesona Wisata di Penang Malaysia!

Tidak ada komentar

ninggalinjejak.com – Jika mendengar nama kota Penang, biasanya hal pertama yang terlintas dikepala ialah tempat berobat. Benar sih karena faktanya kota Penang menjadi tujuan favorit banyak masyarakat Asia Tenggara untuk berobat, bahkan puluhan rumah sakit terkemuka berada di Kota Penang seperti Island Hospital, Georgetown Specialist Hospital, Gleneagles Hospital, dll. Namun, messkipun dikenal sebagai tempat beribat, inilah pesona wisata di Penang Malaysia yang bias kamu kunjungi.

Komtar Penang
Komtar Penang

Setelah selesai menjelajah Kuala Lumpur dan Ipoh, saya melanjutkan perjalanan solo trip di Malaysia menuju Pulau Penang. Perjalanan diawali dengan KTM rute Ipoh – Butterworth (Penang), saya pun tiba di negara bagian Pulau Penang ini sekitar pukul 22:00 waktu Malaysia, lalu saya melanjutkan penyebrangan ke pulau utama Penang menggunakan moda kapal Ferry dengan harga 2 RM, waktu berlayarpun cukup singkat yaitu 20 menitan saja. Setelah sampai Penang, saya langsung beristirahat di Red Inn hostel Georgetown yang sudah saya pesan secara online, harga per malamnya pun cukup murah yakni sekitar 35 RM. Keesokan harinya saya pun mulai menjelajah spot wisata Pulau Penang, tempat apa saja yang saya kunjungi? Yuk simak!

1. Bukit Bendera (Penang Hill)

Mengawali hari di Penang, saya menuju titik tertinggi di pulau ini yakni Bukit Bendera atau Penang Hill. Dari Georgetown saya menggunakan public transportasi Rapid Bus dengan harga sekitar 2 RM tujuan Bukit Bendera, pastikan kamu naik Rapid Penang bernomor bus 304. Nah, setelah sampai di gerbang Bukit Bendera wsiatawan dapat memilih akses untuk sampai ke puncak bukit, kalau ingin opsi gratis maka kamu bisa hiking dengan waktu tempuh 2 jam, atau cara cepat menggunakan mount  train dengan harga termurah 35 RM untuk wisatawan asing. Dalam hal ini saya lebih memilih menggunakan mount train demi efisiensi waktu dan tenaga. Di Bukit Bendera ini kamu dapat menikmati suasana alam yang sejuk sembari melihat view kota Georgetown dari tas ketinggian.

Baca Juga : 

2. Kek Lok Sie Temple

Setelah puas di Penang Hill, saya memutuskan untuk berkunjung ke Kek Lok Sie Temple yang areanya tak jauh dari bukit ini, cukup naik Grab dengan tarif 6 RM saja. Bagi saya ini adalah salah satu temple terkeren yang pernah saya kunjungi selain Kek Lok Tong temple di Ipoh. Asli selama disini saya merasa sedang tidak berada di Malaysia, melainkan China karena vibes yang ada. Oiya, karena saya gak naik sampai ke prayer hall jadi tidak ada biaya masuk apapun yang harus saya keluarkan.

3. Armenian Street

Puas main di dataran tinggi, saya kembali turun ke jantung kota penang yakni Georgetown untuk menuju Armenian Street, kawasan paling ikonik di Pulau Penang. 

Armenian Street
Armenian Street

Di Armenian street kamu bias menjajal street food, berburu souvenir, ataupun berfoto-foto di berbagai dinding mural estetik yang ada. Dari Kek Lok Sie Temple menuju Armenian Street saya menggunakan Grab dengan harga 11 RM.

4. Chew Jetty

Jalan sedikit dari Armenian Street, saya pun sampai ke ujung jalan untuk berkunjung ke Chew Jetty sebuah kampong nelayan terkenal di Penang. Disini kamu bias lihat proses kehidupan warga penang yang berprofesi sebagai nelayan, namun disini juga banyak warga yang menjual souvenir khas Penang.

5. Esplanade

Asli Penang itu ramah banget untuk pejalan kaki seperti saya, lagi-lagi saya berjalan kaki cukup jauh untuk mengunjungi area tepi pantai Esplanade. 

Esplanade
Esplanade

Tempat ini cocok banget untuk kamu yang ingin menikmati suasana pesisir pulau Penang sembari melihat aktivitas masyarakat lain yang bermain-main disekitaran pantai. Disini ada beberapa landmark historis yang berdiri seperti Fort Cornwallis.

6. Gudney Drive Street Food

Sebelum magrib berkumandang, saya mengisi perut dengan beragam makanan lezat yang ada di kawasan Gudney Drive sebuah tempat terbaik untuk berburu kuliner di Penang. Untuk menuju Gudney Drive saya kembali memesan Grab dengan tarif sekitar 6 RM dari Georgetwon. Ada banyak makanan enak disini mulai dari seafood, tradisional food, hingga minuman-minuman segar.

7. Toko Oleh-oleh Pak Ali

Terakhir, sebelum meninggalkan kota Penang pastikan kamu membeli sejumlah oleh-oleh makanan ringan enak ala pulau Penang. Kemarin saya berburu oleh-oleh di took oleh-oleh Pak Ali yang berada di kawasan Penang Road, disini jajanannya sangat lengkap mulai dari cemilan khas maupun pernak-pernik menarik. Untuk harga belanja menyesuaikan dengan kebutuhanmu ya.

Jadi itulah sejumlah rekomendasi wisata yang bias kamu kunjungi selama di Pulau Penang, jadi kapan nih liburan ke Penang?. Nah, berikut biaya yang saya habiskan selama one day trip di Penang.

  • Transportasi Ferry, Grab, Rapid Bus : 27 RM
  • Makan : 30 RM
  • Tiket Wisata Penang Hill : 35 RM
  • Oleh-oleh : 50 RM

Total : 142 RM (Dalam kurs rupiah IDR. 463K)

Artikel ini juga dapat dibaca pada platform KUMPARAN MRIOALDINO


mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com