-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

6 Fakta Provinsi Kepulauan Riau yang Wajib kamu Ketahui!

Tidak ada komentar

Setelah puas berkeliling Riau, mari kita menyebrang ke provinbsi tetangga yaitu Kepulauan Riau. Ada banyak hal menarik yang bisa kita gali dari provinsi Kepri loh. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi kepulauan Riau yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Wilayah

Kepulauan Riau
Source : travel.okezone.com

Dengan letak geografis yang strategis (antara Laut Cina Selatan, Selat Malaka dengan Selat Karimata) serta didukung potensi alam yang sangat potensial, Provinsi Kepulauan Riau dimungkinkan untuk menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi bagi Republik Indonesia dimasa depan. Adapun luas wilayahnya sebesar 252.601 Km2, di mana 95% – nya merupakan lautan dan hanya 5% merupakan wilayah darat.

#2. Sebagian Besar Wilayahnya ialah Laut

Kepulauan Riau
Source : booking.com

Kepulauan Riau memang tidak seluas wilayah Provinsi Riau, salah satu alasannya karena wilayah Provinsi Kepulauan Riau ini lebih banyak didominasi oleh lautan daripada daratan. Bahkan menurut data dari pemerintah, Jumlah laut di Kepulauan Riau mencapai 96%. Sementara jumlah pulaunya sendiri diperkirakan mencapai  2.408 Pulau.

BACA JUGA : 

#3. Didominasi Etnis Melayu

Kepulauan Riau
Source : indephedia.com

Bahasa dan budaya masyarakat di Kepulauan Riau pada faktnya ada dua, yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu. Hal ini lantaran penduduk dan letak masyarakat di Kepulauan Riau sangat dekat dengan Negara Malaysia dan Singpura.

#4. Wisata Ke Luar Negeri Lebih Murah

Kepulauan Riau
Source : m.batamtoday.com

Penduduk Kepri biasanya lebih memilih berkunjung ke Singapura ataupun Malaysia karena kedekatan Geografis dengan kedua kawasan tersebut.  Sebagai contoh rata-rata harga tiket Kapal Ferry dari Tanjungpinang ke Singapura lebih kurang Rp250.000. Sedangkan jika ingin ke Jakarta penduduk Kepri harus merogoh saku dari 500.000 hingga 1.200.000 (Tiket pesawat, harga fleksibel).

#5. Batam sebagai Kota Terluas

Kepulauan Riau
Source : travel.dream.co.id

Meskipun beribukota di Tanjung Pinang, namun kota terluas di Kepri tetaplah Batam. Luas wilayah Kota Batam mencapai 1.575 kilometer persegi, sedangkan luas daratannya mencapai 715 kilometer persegi. Luas Batam itu menjadikan kota tersebut sebagai kota paling luas yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Berdasarkan data tahun 2020, Batam dihuni oleh 1.157.882 jiwa, dengan kepadatan mencapai 1.206,13 jiwa per kilometer persegi.

#6. Dikenal Karena Perdagangan Bebas

Kepulauan Riau
Source : bp-guide.id

Indonesia pada saat ini memiliki wilayah yang bebas melakukan perdagangan, salah satu diantaranya di Provinsi Kepulauan Riau atau dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah free trade zone. Lokasi free trade zone sendiri hanya berlaku di Bintan, Kota Batam dan Karimun. Maka tak heran jika kamu sering menemui barang berualitas dengan harga murah yang berasal dari Kepulauan Riau.

        Jadi, gimana seru kan keliling Kepulauan Riau.  Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

mrioaldino

Komentar





banner



Klook.com