6 Fakta Provinsi Riau yang Wajib kamu Ketahui!

Yuk kita jalan-jalan ke provinsi Riau, ada banyak hal menarik yang bisa kita gali dari provinsi Riau loh. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Riau yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Geografis dan Astronomis

Riau
Source : liputan6.com

Ibu kota dan kota terbesar Riau adalah Pekanbaru. Kota besar lainnya antara lain Dumai, Selat panjang, Bagansiapiapi, Bengkalis, Bangkinang, Tembilahan, dan Rengat. Posisi Geografis Provinsi Riau adalah antara 01°31 – 02°25 Lintang Selatan atau antara 100° – 105° Bujur Timur. Di sebelah utaranya berbatasan dengan Provinsi Sumut, Provinsi Jambi di Selatan Provinsi Sumatera Barat di barat, serta Provinsi Kepulauan Riau di timur.

#2. Terdapat Sungai Terdalam

Sungai Siak
Source : batiqa.com

Provinsi Riau juga memiliki salah satu sungai terdalam di Indonesia yakni sungai Siak yang melintasi wilayah Kabupaten Kampar, Kabupaten Pekanbaru, dan Kabupaten Siak. Sungai Siak memiliki tiga anak sungai utama, yaitu Sungai Tampung Kiri, Sungai Tampung Kanan, dan Sungai Mandau. Lebar Sungai Siak 96 meter dengan panjang kurang lebih mencapai 345 km. Wilayah yang dapat dilayari 240 km.

BACA JUGA :

#3. Salah Satu Provinsi Terkaya

minyak bumi riau
Source : m.suluhriau.com

Tidak banyak orang yang tau bahwa Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Riau merupakan salah satu penghasil minyak bumi dan kelapa sawit terbesar di Indonesia. Kebupaten Siak di Riau juga pernah mendapat predikat sebagai daerah terkaya di Indonesia. Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya pada Maret 2019 lalu mengatakan Riau merupakan salah satu dari tiga provinsi terkaya di Indonesia bersama Kaltim dan Papua.

#4. Memiliki Jembatan Terpanjang

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah
Source : riaumagz.com

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah telah menjadi salah satu ikon dan objek wisata andalan Kabupaten Siak sejak diresmikan pada tanggal 11 Agustus 2007 silam. Jembatan yang juga dikenal dengan nama Jembatan Siak ini memiliki panjang 1,1 kilometer dan lebar 16,95 meter serta dinobatkan sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia setelah Jembatan Suramadu dan Pasupati.

#5. Kesultanan Siak

Kesultanan Siak
Source : kompas.com

Jauh sebelum kemerdekaan, Riau berada di bawah Kesultanan Siak Sri Indrapura. Kesultanan ini komplek istana yang megah dan menjadi kediaman Sultan Siak. Istana Siak yang dibangun pada tahun 1889 ini juga dijuluki sebagai Istana Matahari Timur, arsitekturnya pun merupakan perpaduan dari corak Arab, Melayu, dan Eropa.

#6. Memiliki Perpustakaan Termegah

Balai Pustaka Soeman Hasibuan
Source : ef.co.id

Ialah Balai Pustaka Soeman Hasibuan yang dijuluki perpustakaan termegah di Indonesia. Gedung yang terletak di Kota Pekanbaru ini  dulunya merupakan bekas gedung DPRD Riau. Pustaka ini berdiri megah dengan enam lantai yang dilengkapi lift. Kabarnya di perpustakaan ini terdapat 239.032 eksemplar buku. Selain itu, Perpustakaan ini juga dilengkapi berbagai fasilitas yang mewah.

Jadi, gimana seru kan keliling Riau.  Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama