Fakta Provinsi Jambi yang Wajib Kamu Ketahui!

Mari merapat ke tanah Jambi, ada banyak hal menarik yang bisa kita pelajari dari provinsi Jambi loh. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Jambi yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Geografis dan Astronomis

Profil Jambi
Source : tokopedia.com

Secara geografis, Provinsi Jambi terletak di antara 0,45° – 2,45° Lintang Selatan dan antara 101,10° – 104,55° Bujur Timur. Awalnya Provinsi Jambi menyatu dengan Provinsi Sumatera Tengah.  Namun pada tanggal 6 Januari 1957 Provinsi Jambi melepaskan diri dari Provinsi Sumatera Tengah melalui sidang pleno BKRD. Jambi berbatasan dengan Provinsi Riau di sebelah utara, Provinsi Sumsel di arah selatan, berbatasan dengan Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumbar di Barat, serta Selat Berhala di Timurnya.

#2. Asal Usul Nama Jambi

Profil Jambi
Source : histori.id

Disebutkan, dahulu di sekitaran wilayah Sungai Batanghari terdapat pemerintahan yang dipimpin seorang ratu bernama Putri Selaras Pinang Masak. Wilayah ini memiliki hubungan yang baik dengan Kerajaan Majapahit, sehingga banyak orang Jawa yang pergi ke sana. Dalam bahasa Jawa, pinang disebut dengan jambe. Daerah itu kemudian banyak disebut dengan jambe, karena dipimpin oleh Putri Pinang. Seiring berjalanya waktu, penyebutan jambe ini berubah menjadi Jambi seperti saat ini.

Baca Juga :

#3. Sungai Terpanjang di Sumatera ada di Jambi

Sungai Batanghari
Source : jambiupdate.co

Bukan sungai Musi, ternyata sungai terpanjang di sumatera terdapat di Propinsi Jambi yakni sungai Batanghari dengan panjang keseluruhan sekitar 800 KM. Sungai ini merupakan salah satu landmark Provinsi Jambi yang tak hanya menjadi objek wisata dan kebangaan masyarakat sekitar tetapi juga memiliki nilai sejarah yang tinggi.

#4. Suku Anak Dalam

Suku Anak Dalam
Source : news.okezone.com

Suku Anak Dalam (SAD) atau Orang Rimba merupakan salah satu suku bangsa minoritas yang hidup di Pulau Sumatera, tepatnya di wilayah Jambi dan Sumatera Selatan. Saat ini perkiraan jumlah populasi suku ini sekitar 200 ribu orang. Di Jambi, SAD hidup di tiga wilayah ekologis yang berbeda, yaitu Taman Nasional Bukit 30, Taman Nasional Bukit 12, dan wilayah selatan Provinsi Jambi. Mereka hidup secara nomaden dan mendasarkan hidupnya pada berburu serta meramu.

#5. Kompleks Candi Terluas

candi muaro jambi
Source : gaetlokal.id

Candi Muaro Jambi dikenal sebagai candi terluas di Asia Tenggara dengan luas mencapai 3.981 hektare, hampir delapan kali lebih luas dari Candi Borobudur. Candi Muaro Jambi diyakini merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Kompleks percandian ini juga pernah menjadi pusat pengajaran agama Buddha di dunia. Serta diyakini memiliki keterkaitan dengan Nalanda, yakni pusat pendidikan Buddha Mahayana tertua di dunia.

#6. Banyak Destinasi Wisata Eksotis

Danau Kaco
Source : kumparan.com

Jambi memiliki sejumlah tempat wisata yang menarik dan eksotis untuk disambangi. Beberapa diantaranya ialah Jembatan Pedestrian dan Menara Gentala Arasy Jambi, Candi Muaro Jambi, Air Terjun Tegan Kiri. Kemudian Geopark Merangin, Perkebunan Teh Kayu Aro, Danau Gunung Tujuh, hingga Danau Kaco.

Jadi, gimana seru kan keliling Jambi.  Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama