-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

6 Fakta Provinsi Sumatera Selatan yang Wajib kamu Ketahui!

Tidak ada komentar

Mari kita berkunjung ke Provinsi Sumatera Selatan, sebuah provinsi yang dikenal dengan peradaban kerajaan Sriwijaya di masa lampau. Ada banyak hal menarik yang bisa kita gali dari provinsi Sumsel loh. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Sumatera Selatan yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Wilayah

Sumatera Selatan
kompaspedia.kompas.id

Provinsi Sumatera Selatan sejak berabad yang lalu dikenal juga dengan sebutan Bumi Sriwijaya, pada abad ke-7 hingga abad ke-12 Masehi wilayah ini merupakan pusat kerajaan Sriwijaya yang juga terkenal dengan kerajaan maritim terbesar dan terkuat di Nusantara. Nah, saat ini secara administratif Provinsi Sumatera Selatan terdiri dari 13 (tiga belas) Pemerintah Kabupaten dan 4 (empat) Pemerintah Kota, beserta perangkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

#2. Palembang sebagai Kota Tertua

Sumatera Selatan
Source : tribunnews.com

Palembang, sebagai ibu kota Provinsi Sumatera Selatan, merupakan kota tertua di Indonesia. Hal itu merujuk pada Prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan pada 1926 menyebutkan, pemukiman yang bernama Sriwijaya itu didirikan pada tanggal 17 Juni 683 Masehi. Tanggal tersebut kemudian menjadi hari jadi Kota Palembang yang diperingati setiap tahunnya.

BACA JUGA :

#3. Pulau Kemaro

Sumatera Selatan
Source : goodnewsfromindonesia.com

Pulau Kemaro terletak sekitar 6 kilometer dari Jembatan Ampera dan berada di sebuah delta kecil yang berada di tengah Sungai Musi. Ditengah pulau Kemaro juga terdapat satu Pagoda tinggi serta menjadi salah satu tempat yang disakralkan bagi masyarakat Sumatera Selatan, khususnya etnis Tionghoa.

#4. Makanan Khas Pempek

Sumatera Selatan
grid.id

Pempek yang merupakan camilan asal Palembang ini sudah terkenal di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Pempek merupakan kuliner khas Sumatera Selatan yang terbuat dari adonan berbahan dasar tepung tepung sagu dan ikan. Awalnya Pempek mulai dijajakan pada tahun 1916, oleh orang-orang keturunan China yang berjalan kaki menjual kelesan dari kampung ke kampung.

#5. Memiliki Kain Songket yang Elegan

Sumatera Selatan
id.theasianparent.com

Songket Palembang adalah karya budaya Sumatera Selatan yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia pada tahun 2013. Salah satu wastra nusantara ini tidak hanya sekadar kain pelindung tubuh namun memiliki makna adiluhung yaitu kemakmuran, kejayaan, dan keberanian.

#6. Pesona Gunung Dempo

Sumatera Selatan
palembang.tribunnews.com

Gunung Dempo, yang berada di Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, merupakan kawasan yang disebut 'puncak' di 'Bumi Sriwijaya'. Memiliki ketinggian 3.173 meter diatas permukaan laut (Mdpl), di lokasi ini kamu dapat menjumpai hamparan perkebunan teh peninggalan kolonial Belanda.

Jadi, gimana seru kan keliling Sumatera Selatan.  Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

mrioaldino

Komentar





banner