6 Fakta Provinsi Bengkulu yang Wajib Kamu Ketahui!

Mari kita berkunjung ke Provinsi Bengkulu, sebuah provinsi yang dikenal sebagai habitat asli bunga raksasa Rafflesia Arnoldi. Ada banyak hal menarik yang bisa kita gali dari provinsi Bengkulu loh. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Bengkulu yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Wilayah

Bengkulu
id.wikipedia.org

Secara geografis Bengkulu terletak pada koordinat 5°40’ – 2° 0’ LS 40’ – 104° 0’ BT dengan luas area sebesar 19.788.70 km2 (7,640,46 ) yang berbatasan dengan Sumatera Barat di utara, Lampung di selatan, Samudra Hindia di barat, serta Jambi dan Sumsel di timur.

#2. Habitat Rafflesia Arnoldi

Bengkulu
pinterest.com

Bunga raksasa Rafflesia arnoldi telah menjadi ikon Bengkulu sehingga propinsi ini cukup dikenal dunia. Bunga ini ditemukan pertama kali pada 1818 oleh dua pria asal Inggris bernama Dr. Joseph Arnold dan Sir Thomas Stamford Raffles, di hutan tropis Sumatra. Umumnya, bunga ini berdiameter berkisar antara 70 hingga 110 sentimeter serta berat sekitar 10 Kg.

Baca Juga :

#3. Benteng Terluas di Asia

Bengkulu
tripadvisor.com

Benteng Marlborough adalah salah satu benteng terluas di Asia serta terkuat di wilayah timur yang merupakan peninggalan kolonial Inggris. Dalam catatan sejarah, benteng yang dibangun antara 1714-1719 oleh East India Company (EIC) di bawah kepemimpinan Gubernur Joseph Collett ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu. Saat ini, Benteng Marlborough masih bisa dikunjungi dan menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang terkenal di Bengkulu.

#4. Nama Bengkulu di Jalan Singapura

Bengkulu
majalahpeluang.com

Ketika berada di bawah jajahan Inggris, nama Bengkulu adalah Bencoolen. Nama Bencoolen lalu diabadikan di Singapura dan digunakan sebagai nama jalan. Pemberian nama jalan di Singapura ini berawal dari berakhirnya masa penjajahan Inggris di Bengkulu. Masa penjajahan tersebut berakhir lantaran adanya perjanjian antara Kerajaan Inggris dengan Kerajaan Belanda tentang pertukaran kekuasaan Inggris di Bengkulu dengan kekuasaan Belanda di Melaka dan Singapura.

#5. Rumah Pengasingan Soekarno

Bengkulu
news.okezone.com

Rumah pengasingan Bung Karno terletak di jantung Kota Bengkulu, tepatnya di Kelurahan Anggut, Kecamatan Ratu Samban. Rumah pengasingan yang dulunya berada di wilayah terpencil itu merupakan milik pedagang keturunan Tionghoa, Tjang Tjeng Kwat. Bung Karno sampai di Bengkulu pada 14 Februari 1938 setelah sebelumnya berlayar dari tempat pembuangannya di Flores ke Pulau Jawa bersama sang istri Inggit Garnasih dan anak angkatnya Ratna Djuami. Bung Karno menempati rumah itu pada 1938-1942, dan di tempat tersebut ia kemudian bertemu dengan Fatmawati.

#6. Tradisi Tabot

Bengkulu
osc.medcom.id

Tabot adalah sebuah tradisi yang dilaksanakan setiap tahun oleh masyarakat tepatnya pada sepuluh hari antara 1–10 Muharam. Selain itu, diriwayatkan bahwa tujuan dilaksanakannya Tradisi Tabot di Bengkulu adalah untuk mengenang gugurnya Husein bin Ali, cucu Nabi Muhammad, ketika ditawan oleh Yazid bin Muawiyah di Karbala, Irak. Tradisi Tabot, yang muncul sejak berkembangnya Islam di Bengkulu, masih terus dilestarikan hingga saat ini.

Jadi, gimana seru kan keliling Kepulauan Bengkulu.  Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama