Fakta Provinsi Bangka Belitung yang Wajib kamu Ketahui!

Mari kita berkunjung ke Provinsi Bangka Belitung, provinsi asal mantan Gubernur DKI Ahok. Ada banyak hal menarik yang bisa kita gali dari provinsi Bangka Belitung loh. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Babel yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Wilayah

Profil Bangka Belitung
Source : unplash.com

Posisi geografis provinsi ini adalah 1º50′ – 3º10′ LS dan 105º – 108º BT. Pemerintahan provinsi ini disahkan pada tanggal 9 Februari 2001 dengan Ibu kota provinsinya ialah Pangkalpinang.. Bangka Belitung juga dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis.

BACA JUGA :

#2. Pulau Bangka

Profil Bangka Belitung
Source : indonesiakan.com

Pulau Bangka sangat dikenal sebagai penghasil timah, bersama Belitung. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai produsen timah keempat terbesar di dunia, setelah China, Amerika Latin, dan Peru. Timah merupakan senyawa kimia yang banyak dimanfaatkan untuk produk-produk elektronik, otomotif, dan mesin-mesin lainnya. Karena pentingnya, timah menjadi komoditas penting.

#3. Memiliki Pemakaman Tionghoa Terbesar

Profil Bangka Belitung
Source : kebabelyuk.com

Kompleks Pemakaman Tionghoa Sentosa merupakan pemakaman mewah warga Tionghoa Bangka yang sudah ada sejak 1935. Luas kuburan sekitar 27 hektare dan memiliki lebih dari 11.000 makam di dalamnya. Setiap tahun, di pemakaman ini dilakukan tradisi Sembahyang Kubur atau Ceng Beng/Qing Ming.

#4. Pernah jadi Ibukota RI

Profil Bangka Belitung
Source : regional.kompas.com

Pangkal Pinang di Kepulauan Bangka Belitung pernah menjadi ibu kota Republik Indonesia selama tujuh bulan pada tahun 1949. Secara “De Facto” Pangkal Pinang pernah menjadi Ibu Kota Republik Indonesia selama 7 bulan. Saat itu Peresiden Soekarno dan Menteri Luar Negeri Agus Salim diasingkan di Wisma Ranggam di Muntok, Bangka Barat, mulai 5 Febuari 1949 dan secara de facto pimpinan beralih ke Bangka Belitung. 

#5. Ritual adat Buang Jung

Profil Bangka Belitung
Source : travel.okezone.com

Buang jung adalah upacara adat pada masyarakat Suku Sawang di Bangka Belitung. Buang jung berarti membuang atau melepaskan perahu ke laut. Menurut kepercayaan Suku Sawang, upacara ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur sebagai penolak bala serta sebagai wujud rasa syukur atas tangkapan hasil laut sekaligus memohon perlindungan Tuhan dan keluarga yang telah tiada serta memohon keselamatan

#6. Penghasil Lada Terbesar

Profil Bangka Belitung
Source : sumatera.bisnis.com

Selain penghasil timah, Bangka Belitung juga dikenal sebagai penghasil lada terbesar di dunia. Bahkan komoditas perdagangan lada dunia ini lebih dari 80% berasal dari Bangka Belitung. Diperjalanan kadang kamu akan menemukan pohon lada dan kebanyakan masyarakat juga menanam sendiri lada di kebun mereka.

    Jadi, gimana seru kan keliling Bangka Belitung. Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama