-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

Fakta Provinsi Kalimantan Selatan yang Wajib kamu Ketahui!

Tidak ada komentar

Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi besar di pulau Kalimantan serta menyimpan beragam fakta seru yang wajib untuk kita ketahui. Nah, untuk menambah wawasan Sobat NinJa lebih dalam, berikut beberapa fakta tentang provinsi Kalsel yang wajib kamu ketahui.

#1. Kondisi Wilayah

Kalimantan Selatan
Source : travel.okezone.com

Provinsi Kalimantan Selatan terletak antara 1°21’ 49″ – 4°10’14″ Lintang Selatan dan 114°19’ 13″ hingga 116° 33’ 28″ Bujur Timur dengan luas wilayah 37.377,53 km². Sementara batas provinsi Kalsel meliputi sebelah barat dengan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelah timur dengan Selat Makassar, sebelah selatan dengan Laut Jawa dan sebelah utara dengan Provinsi Kalimantan Timur.

Baca Juga : 

#2. Terdapat Pulau Monyet

Kalimantan Selatan
Source : celebes.co

Terdapat dua pulau di Kalimantan Selatan yang hanya dihuni oleh sekumpulan monyet yakni pulau Kembang dan pulau Kaget. Dan uniknya monyet berpenghuni di dua pulau tersebut mempunya ketidaksamaan jenis. Di pulau Kembang dihuni oleh kalangan monyet yang sudah umum di pasaran Indonesia. Sedangkan di pulau Kaget dihuni oleh kalangan monyet yang langka dan tidak mudah dijumpai dipasaran Indonesia.

3#. Pasar terapung

Kalimantan Selatan
Source : pinterest.com

Dinamai pasar terapung karena aktifitas jual beli yang dilakukan dari atas perahu. Pasar terapung ini terdapat di aliran sungai Barito dan sungai Martapura. Pasar tersebut dikenal dengan nama pasar Muara Kuin dan pasar Lok Baintan. Adapun yang dijual belikan adalah berupa sayur-sayuran, buah-buahan, hasil kebun, ikan-ikanan, juga kue-kue tradisional seperti pada umumnya yang dijual pada di pasar. Pasar terapung ini mulai beraktifitas dari subuh sampai pukul 09.00 WIB.

#4. Enaknya Soto Banjar

Kalimantan Selatan
Source : cookpad.com

Kalimantan Selatan juga memiliki salah satu kuliner terpopuler di Indonesia yaitu Soto Banjar. Bahkan tak sedikit restoran yang ada di Indonesia, terutama restoran dengan menu tradisional menyuguhkan menu yang satu ini. Menu soto di Indonesia memang banyak sekali, namun yang membedakan antara soto Banjar dengan soto lainnya adalah kuahnya yang cenderung bening.

#5. Rumah Jomblo

Kalimantan Selatan
Source : tribunnews.com

Rumah Jomblo yang terletak di kawasan Kesatrian Secaba dan Dodiklatpur kotqa Banjarbaru ini merupakan rumah kayu yang dibangun di atas gundukan tanah merah tinggi. Dulunya, rumah Jomblo ini pernah roboh kemudian dibangun kembali oleh pengembang perumahan. Rumah ini menjadi salah satu spot wisata yang lumayan populer di Kalimantan Selatan.

#6. Kotabaru sebagai Daerah Terluas

Kalimantan Selatan
Source : minorrahman.sch.id

Daerah paling luas di Kalimantan Selatan adalah Kabupaten Kotabaru. Data BPS Kalsel 2020 menunjukkan bahwa Kabupaten Kotabaru memiliki luas wilayah 9482,73 km². Sedangkan untuk daerah paling kecil adalah Banjarmasin dengan luas wilayah yang hanya 72 km² saja berdasarkan data BPS.

Jadi, gimana seru kan keliling Kalimantan Selatan. Yuk dukung terus konten-konten bermanfaat dari ninggalinjejak.

mrioaldino

Komentar





banner