-->
mrioaldino
mrioaldino Optimistic man!

5 alasan Benua Antartika Tidak Dapat Dihuni oleh Manusia!

Tidak ada komentar

ninggalinjejak.com - Benua Antartika merupakan salah satu titik terdingin dimuka bumi, rasanya sulit untuk manusia normal seperti kita dapat tinggal lama di benua ini. Lantas, kenapa sih manusia sulit tinggal di benua Antartika?

Antartika
Source pixabay.com

1. Wilayah Titik Terdingin di Bumi

Temperatur suhu udara di Benua Antartika saat musim dingin mencapai -85° C sampai -90° C dan saat musim panas mencapai -55° C sampai -60° C. Tak heran, jika benua ini menjadi titik terdinginnya bumi.

2. Daratan yang Diselimuti Salju Abadi

Tercatat, hujan salju paling ekstrim pernah terjadi selama 48 jam dan berhasil menutupi daratan Antartika. Ketebalan salju tersebut mencapai 2500 m atau sekitar 2,5 kilometer. Tak hanya salju saja yang menyelimuti benua ini, tetapi ada juga es atau gletser. Sehingga setiap orang yang berada di sana, akan mengalami kesulitan saat bermobilitas.

Baca Juga : 

3. Tidak Memiliki Zona Waktu

Sebenarnya, wilayah Benua Antartika secara resmi mempunyai beberapa zona waktu. Namun, zona tersebut hanya mengikuti negara-negara yang berada di sekelilingnya saja karena Benua Antartika berada di pusat tempat pertemuan beberapa negara. Oleh karena itu, biasanya setiap orang yang singgah di Benua Antartika akan menggunakan zona waktu negara asalnya atau zona waktu negara terdekat, misalnya zona waktu New Zealand, Chili, dan lainnya.

4. Berudara Kering

Selain dingin dan bersalju, Benua Antartika juga cenderung berangin,, kering, dan jarang diguyur hujan. Akibatnya, manusia tidak bisa melakukan kegiatan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan, hanya ada dua spesies tanaman yang berhasil tumbuh di sana yakni alga dan lumut kerak. Begitu pun hewan, hanya ada beberapa jenis hewan yang berhasil bertahan di udara kering seperti serangga, beruang kutub dan penguin kaisar.

5. Kehidupan Ekstrem

Terakhir, Benua Antartika memiliki kehidupan ekstrem, manusia tidak bercocok tanam, sulit untuk bermobilitas, pergantian siang dan malam yang tidak teratur, dikelilingi pegunungan tinggi, dan lainnya. Seluruh penghuninya hanyalah ilmuwan yang singgah untuk meneliti cuaca, iklim, kehidupan flora dan fauna, serta kondisi geologinya.

Jadi gimana, ada yang mau coba tinggal di benua antartika?

mrioaldino

Komentar





banner